• adminbakti
  • 17 December 2023

Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Penghidupan Berkelanjutan Kabupaten SBT

Kelompok Kerja Penghidupan Berkelanjutan Kawasan Timur Indonesia (Pokja BangKIT) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bidang penghidupan yang diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan integrasi perencanaan pengembangan penghidupan masyarakat dengan program pembangunan daerah. Selain itu, Pokja BangKIT juga diharapkan dapat mendukung proses pengambilalihan pengetahuan dan keterampilan untuk keberlanjutan program. Pada Rabu, 13 Desember 2023 Pokja BangKIT dan para pemangku kepentingan lainnya di level Pemerintah Daerah duduk bersama memahami potensi di 30 Desa/Negeri yang menjadi wilayah intervensi.

Kegiatan yang dilaksanakan di  ruang pertemuan Hotel Mutiara Kota Bula ini ditujukan untuk menyampaikan perkembangan pelaksanaan program kepada para pemangku kepentingan, mendapat pemahaman yang sama antar anggota pokja kabupaten dan para pemangku kepentingan tentang sinergi dan integrasi pengembangan penghidupan masyarakat dengan program pembangunaan daerah, menyepakati tindak lanjut yang dibutuhkan dari pelaksanaan mekanisme integrasi perencanaan pengembangan penghidupan masyarakat dengan program perencanaan desa dan kabupaten, sebagaimana telah disepakati pada pertemuan sebelumnya. Selain itu melalui pertemuan ini harapannya dapat disepakati rencana kerja tim Pokja kabupaten periode 2024 dalam mengoordinasikan sistem dukungan bagi peningkatan penghidupan masyarakat yang inklusif di wilayah Kabupaten SBT.

Pertemuan ini dihadiri oleh 32 peserta yang terdiri dari perwakilan Sekreteriat Daerah yaitu Asisten 1, Tim Bappedalitbang, Dinas PMD, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi, Dinas Sosial, Dinas Pariwisata, TPP P3MD, Kepala KPH, Camat Teluk waru, Camat Pulau Panjang, Camat Gorom Timur, dan Perwakilan Camat Pulau Gorom, para Fasilitator Kabupaten, dan Tim BangKIT.

Para perwkilan OPD ini saling bertukar pikiran menyampaikan fokus program yang dapat diintegrasikan untuk mendukung peningkatan penghidupan masyarakat di Kabupaten SBT. Inisiatif-inisiatif masyarakat yang telah dihasilkan dari kegiatan lokakarya perencanaan penghidupan di 30 Desa/Negeri akan dikolaborasikan dengan perencanaan pembangunan di desa dan daerah, serta dengan program-program yang ada di dinas-dinas tersebut.

Beberapa kesepakatan dan rencana tindak lanjut yang dihasilkan di antaranya adalah pertemuan Pokja kabupaten akan dilaksanakan secara rutin di tahun 2024, Mendelegasikan fasilitator Kabupaten mengikuti refreshment training. Pihak Kecamatan juga akan mengawal usulan masyarakat ke Musrenbang Kecamatan tahun 2025. Pokja Kabupaten juga akan memberikan dukungan terkait pengembangan penghidupan di dalam program rutin seperti kolaborasi dengan KPH, Dinas Koperasi, Dinas Ketahanan pangan, Dinas Pariwisata  serta mensinkronkan rencana pengembangan penghidupan tersebut dengan rencana kerja tahun 2025.

Rapat Koordinasi ini dilaksanakan sebagai rangkaian implementasi program BangKIT. Program Pengembangan Penghidupan Masyarakat yang Inklusif di Perdesaan Kawasan Timur Indonesia (Program BangKIT) adalah program Kerja sama Bank Dunia dengan Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (Yayasan BaKTI). Program ini didanai oleh Pemerintah Jepang melalui Japan Social Development Fund (JSDF) yang diadministrasi oleh Bank Dunia dan diimplementasikan oleh Yayasan BaKTI dan bermitra dengan pemerintah desa dan kabupaten di Kabupaten Seram Bagian Timur (Provinsi Maluku) dan Kabupaten Sumba Barat Daya (Provinsi Nusa Tenggara Timur).