• admin
  • 13 February 2024

Rapat Sinkronisasi Kegiatan Program BangKIT Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

Mengawali tahun 2024, Forum Koordinasi Pengembangan Penghidupan Masyarakat yang Inklusif Kawasan Indonesia Timur (Forum- BangKIT) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) melakukan rapat koordinasi untuk membahas kemajuan program selama periode tahun 2023 setelah dilaunching oleh Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya, Bapak Kornelius Kodi Mete pada tanggal 12 April 2023.

Rapat anggota Forum- BangKIT Kabupaten SBD dilakukan di ruang pola Kantor Bapperida Kabupaten SBD, Nusa Tenggara Timur.  Berlangsung pada tanggal 31 Januari 2024, Rapat koordinasi ini dipimpin oleh Kepala kantor Bapperida, Bapak drh. Oktavianus Dapededa, M.SI sekaligus sebagai Ketua Forum BangKIT SBD. Rapat koordinsi yang dihadiri oleh anggota Forum BangKIT, Fasilitator Kabupaten dan tim program BangKIT Yayasan BaKTI ini, selain membahas kemajuan program selama tahun 2023, juga bertujuan untuk melakukan sinkronisasi rencana kegiatan penghidupan masyarakat desa yang dihasilkan oleh program BangKIT dari 40 desa lokasi program dengan Rencana Strategis  (Renstra) dari masing masing OPD terkait di Kabupaten.

Kepala Bapperida dalam sambutannya menyampaikan bahwa usulan rencana kegiatan penghidupan desa yang dihasilkan dari proses fasilitasi oleh Program BangKIT perlu dilakukan singkronisasi dengan rencana program pemerintah daerah melalui mekanisme dan sistem yang sudah ditetapkan. Di tingkat desa sendiri perlu dipastikan bahwa usulan kegiatan penghidupan ini terintegrasi ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) dan terinput ke dalam data SIPD, sebelum Musrenbang Kecamatan dilaksanakan. Demikian pula di Tingkat Kabupaten, usulan kegiatan rencana penghidupan desa perlu disinkronkan dengan Renstra OPD terkait serta terinput melalui SIPD kabupten sebelum Musrenbang Kabupaten dilaksanakan.

Sejak awal, Program BangKIT telah melibatkan Pemerintah Kabupaten SBD. Mulai dari menentukan lokus desa prioritas di SBD hingga membahas capaian program maupun pelaksanaan teknis di lapangan. Dengan dasar itulah Pemerintah Kabupaten SBD perlu ambil bagian melakukan Rapat Koordinasi Forum BangKIT menghadirkan anggota forum yang juga pejabat yang mengambil kebijakan di OPD terkait. 

Rapat Sinkronisasi Kegiatan Program BangKIT ini pun diinisiasi sendiri oleh Forum Bangkit Kabupaten SBD. Rapat Sinkronisasi ini pun menghasilkan beberapa kesepakatan integrasi program antara usulan masyarakat desa dengan rencana kerja OPD untuk tahun 2024-2025 yang akan berfokus pada peningkatan penghidupan masyarakat baik dalam bidang pertanian, perikanan, peternakan, maupun peningkatan kapasitas kaum perempuan.