• itaibnu
  • 15 October 2020

Sekber Implementasi Strategi Komunikas BANGGA Papua

Dukungan BaKTI terhadap Program BANGGA Papua adalah menghasilkan strategi komunikasi dan kelengkapannya serta meningkatkan kapasitas komunikasi Sekber (Sekretariat Bersama) di tingkat provinsi dan kabupaten. Kelengkapan strategi komunikasi yang menjadi mandat BaKTI antara lain mendesain materi-materi komunikasi dan memproduksi mock-upnya. Sementara peningkatkan kapasitas komunikasi dilakukan dengan menyusun modul pelatihan ToT (Training of Trainer) komunikasi,  melaksanakan ToT di tiga kabupaten uji coba (Asmat, Lanny Jaya dan Paniai), serta mendampingi sekber kabupaten dalam mengimplementasikan strategi komunikasi di tiap kabupaten. 
Berikut adalah highlights beberapa kegiatan selama bulan Juli - September 2020:

Pelatihan Mengunggah Konten ke Website BANGGA Papua
Setelah diluncurkan di bulan Juni 2020, website BANGGA Papua yang beralamat di https://info.bangga.papua.go.id harus terus diisi dan dirawat. Proses ini tentu membutuhkan kerjasama dengan semua pihak yang terlibat dalam program BANGGA Papua, khususnya Sekber Kabupaten dan Provinsi.
Dalam kaitan dengan hal tersebut, maka KOMPAK-BaKTI selaku mitra pembangunan yang fokus pada kegiatan komunikasi menggelar pelatihan mengunggah konten ke website BANGGA Papua. Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali anggota Sekber Kabupaten dan Provinsi yang akan menjadi admin, editor, maupun kontributor website.
Pelatihan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan dihadiri oleh wakil dari Sekber Paniai dan Asmat, serta wakil dari Sekber Provinsi. Sangat disayangkan bahwa wakil dari Sekber Lanny Jaya tidak dapat bergabung karena kesalahan komunikasi internal mereka. Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan cara untuk memasukkan artikel ke dalam website BANGGA Papua. Mulai dari masuk ke halaman menambah tulisan baru, memasukkan tulisan, menentukan kategori dan tag tulisan serta memasukkan gambar untuk tulisan tersebut. Dalam pelatihan ini juga muncul masukan baru dari peserta pelatihan terkait peran dan tingkatan kontributor serta editor.

Finalisasi Website BANGGA Papua
Dalam kegiatan pelatihan mengunggah tulisan ke website BANGGA Papua, muncul masukan dari peserta, khususnya Sekber Provinsi. Masukan tersebut adalah tentang otoritas dari kontributor dan editor di tingkat kabupaten serta admin di tingkat provinsi. Sebelumnya, kontributor tidak bisa mengunggah foto dan hanya bisa mengunggah tulisan. Foto akan diunggah oleh editor. Lalu, editor juga bisa langsung menayangkan artikel. Otoritas ini kemudian diusulkan untuk diubah. Kontributor bisa memasukkan foto, tapi kontributor dan editor yang berada di tingkat kabupaten tidak bisa menayangkan artikel. Artikel hanya bisa ditayangkan oleh admin di tingkat provinsi.
Alur penayangan artikel kemudian menjadi sebegai berikut:
Kontributor memasukkan tulisan dan foto, lalu konten tersebut akan dicek oleh editor, setelah semua selesai maka editor akan memberitahukan admin yang berada di provinsi untuk melakukan final check dan kemudian menayangkan artikel tersebut.
Urutan ini menjamin bahwa artikel yang tayang (baik itu tulisan maupun fotonya) sudah sesuai dengan tujuan dari website BANGGA Papua dan tidak berisi konten yang sensitif.

Finalisasi Strategi Komunikasi dan Pembuatan Panduan Teknis BANGGA Papua
KOMPAK- BaKTI menyusun dokumen-dokumen  panduan teknis berdasarkan permintaan Sekber Provinsi dan Sekber Kabupaten. Tujuannya adalah agar anggota sekber dapat melakukan kegiatan-kegiatan komunikasi meski tanpa didampingi oleh tim KOMPAK-BaKTI. 

Panduan teknis ini nantinya akan melengkapi dokumen strategi komunikasi BANGGA Papua, versi yang lengkap. Setelah menyelesaikan tiga petunjuk teknis di bulan Juni 2020, maka dalam periode Juli – September 2020 ini tim KOMPAK-BaKTI menyelesaikan lima petunjuk teknis lainnya, yaitu:
a.    Panduan teknis promosi kegiatan di media sosial
b.    Panduan teknis menangkal hoaks
c.    Panduan teknis membangun kemitraan
d.    Panduan teknis membuat foto bercerita, dan
e.    Panduan teknis membuat materi poster
Keseluruhan petunjuk dan panduan teknis ini telah disusun dalam bentuk PDF dan diserahkan kepada Sekber Provinsi. Selanjutnya, petunjuk dan panduan teknis ini juga akan disalurkan ke Sekber Kabupaten.
 

Finalisasi video praktik baik BANGGA Papua
Pembuatan video praktik baik BANGGA Papua telah mulai dilakukan sejak bulan Maret 2020 lewat beberapa langkah. Dari persiapan, pengambilan gambar di Kabupaten Asmat dan Paniai, proses pra produksi, hingga konsultasi dengan Sekber Provinsi sebagai pemberi tugas.
Video praktik baik durasi 10 menit pun telah diserahkan kepada Sekber Provinsi setelah melewati proses tersebut. Namun, ketika akan diserahkan ke Bappenas oleh tim KOMPAK, tenyata ada detail kecil yang terlewatkan dan dianggap perlu untuk diperbaiki. Karena itu proses perbaikan pun dilakukan hingga akhirnya video benar-benar dianggap sempurna.


Versi final video praktik baik BANGGA Papua
Selain video berdurasi 10 menit, KOMPAK-BaKTI juga memproduksi video praktik baik versi 3 menit. Video ini bertema sama; praktik baik dari program BANGGA Papua, namun dikemas lebih padat dengan tambahan narator. 
Video ini pun telah dikonsultasikan dengan Sekber Provinsi selama proses pembuatan skenario hingga pra produksi.
Kedua video praktik baik tersebut (versi 10 menit dan 3 menit) telah diserahterimakan kepada Sekber Provinsi dan selanjutnya juga akan diteruskan ke Sekber Kabupaten. Video tersebut juga telah diunggah ke website dan akun YouTube BANGGA Papua.

Menyusun buku foto BANGGA Papua
Buku foto ini dimaksudkan sebagai dokumentasi dari kegiatan dan proses perjalanan BANGGA Papua dalam bentuk foto. Buku foto ini dibagi ke dalam lima bagian, yaitu:
1.    Apa yang istimewa dari BANGGA Papua
2.    Proses lahirnya BANGGA Papua
3.    Pelaksanaan BANGGA Papua
4.    Praktik baik BANGGA Papua, dan
5.    Dukungan penuh pemimpin daerah.
Proses penyusunan buku foto ini dimulai dari bulan Juni 2020 dengan membuat konsep awal penyusunan buku foto. Dari konsep tersebut proses kemudian dilanjutkan dengan mencari foto-foto yang mewakili tema-tema yang sudah dipilih. Selanjutnya adalah proses kurasi, memilih foto terbaik dari ratusan foto yang diajukan.
Setelah kurasi foto selesai, proses yang tidak kalah panjang adalah menentukan caption atau keterangan dari foto-foto tersebut sebelum masuk ke proses layout. 
Buku ini rencananya akan dipamerkan pada saat workshop Provinsi maupun Workshop Nasional BANGGA Papua yang digagas oleh MAHKOTA

Kegiatan Penting Lainnya:

Promosi dan kampanye di media sosial melalui akun Pemprov Papua
Tim KOMPAK-BaKTI tetap melanjutkan komitmen untuk mempromosikan dan mengampanyekan konten BANGGA Papua di media sosial melalui media sosial milik Pemprov Papua. Selain bertema BANGGA Papua, konten-konten media sosial yang dibuat juga memuat konten edukasi tentang pencegahan merebaknya Covid-19.
Berikut adalah materi promosi dan kampanye media sosial yang diunggah di akun media sosial pemprov Papua:
Bulan Juli 2020:
•    “Asal memang tra sama, tujuan sama”, tayang tanggal 2 Juli 2020
•    “Aneka informasi dari website BANGGA Papua”, tayang tanggal 8 Juli 2020
•    “Merekam praktik baik BANGGA Papua,” tayang tanggal 15 Juli 2020
•    “Menanam harapan tentang generasi emas Papua,” tayang tanggal 22 Juli
•    “Satu data untuk semua”, tayang tanggal 29 Juli
Bulan Agustus 2020:
•    “BANGGA Papua, membangun harapan untuk generasi emas Papua,” tayang tanggal 5 Agustus 2020
•    “Memadu sumber daya untuk Asmat” tayang tanggal 12 Agustus 2020
•    “Selamat ulang tahun RI ke-75” tayang tanggal 18 Agustus 2020
•    “BANGGA Papua membantu meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi anak”, tayang tanggal 28 Agustus 2020
Bulan September 2020:
•    “Melayani Lanny, melayani orang Dani”, tayang tanggal 3 September 2020
•    “Jaga diri, jaga keluarga, Corona masih ada”, konten tentang edukasi Covid-19 tayang tanggal 9 Agustus 2020

Berikut adalah contoh konten media sosial yang diunggah di akun pemprov Papua:

MAMPU

 Live Instagram di akun @InfoBaKTI
Masa pandemi Covid-19 memaksa orang untuk membatasi berbagai kegiatan luar ruang atau yang mengumpulkan orang banyak. Keterbatasan ini ternyata menstimulus munculnya ide-ide kreatif untuk tetap bisa berbagi dengan memanfaatkan teknologi. Salah satunya adalah memanfaatkan fitur live di Instagram.
Yayasan BaKTI lewat akun Instagram @infoBaKTI juga memanfaatkan fitur tersebut. BaKTI tetap melakukan proses berbagi pengetahuan kepada khalayak ramai, khususnya dari wilayah Indonesia timur lewat kegiatan live di Instagram.
Program BANGGA Papua juga mendapat kesempatan untuk menceritakan tentang program, proses, tujuan, serta capaian sejauh ini lewat kegiatan tersebut. Selama bulan Juli – September 2020 BANGGA Papua telah mendapatkan empat kesempatan live di Instagram @InfoBaKTi dengan detail sebagai berikut:
a.    Kamis, 23 Juli 2020 dengan narasumber Merlyn Hamadi, sekretaris Sekber BANGGA Papua Provinsi Papua yang menjelaskan secara detail tentang tujuan program, proses, dan capaiannya.
b.    Kamis, 30 Juli 2020 dengan narasumber Elieser Yogie, ketua Sekber BANGGA Papua Kabupaten Paniai. Tema yang diangkat adalah bagaimana sulitnya pendataan di Paniai dan hasil positif dari pendataan serta pelaksanaan BANGGA Papua di Paniai.
c.    Rabu, 12 Agustus 2020 dengan narasumber anggota Sekber Kabupaten Asmat. Tema yang diangkat adalah kerjasama banyak pihak di Asmat serta sinergi program kesehatan kabupaten Asmat dengan program BANGGA Papua.
d.    Jumat, 4 September 2020 dengan narasumber anggota Sekber Kabupaten Lanny Jaya. Tema yang diangkat adalah tentang pelaksanaan BANGGA Papua di Kabupaten Lanny Jaya.

BANGGA PAPUA