• adminbakti
  • 16 September 2022

Workshop Penggunaan Perangkat Pemantauan dan Evaluasi Layanan Informasi Perumahan, Permukiman, Air Minum, dan Sanitasi Nasional Provinsi Sulawesi Selatan

 Amanat Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 menggariskan bahwa percepatan pembangunan perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi berkelanjutan dilaksanakan melalui Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP). Pemerintah daerah sendiri berkewajiban melaporkan data dan informasi kemajuan, pencapaian hasil pembangunan dan layanan di sektor perumahan, permukiman, air minum, sanitasi, dan persampahan yang ada dalam dokumen Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK) melalui perangkat monitoring dan evaluasi dalam platform NAWASIS (National Housing, Water and Sanitation Information Services). NAWASIS merupakan platform daring untuk pemantauan dan evaluasi melalui penginputan dan penyediaan data nasional, provinsi, hingga kabupaten/kota. Platform ini menyediakan database yang komprehensif sebagai dasar dan rujukan pembangunan dan pengembangan di sektor Perumahan, Permukiman, Air Minum, dan Sanitasi (PPAS).

Guna penginputan data dan informasi dari dokumen SSK terbaru ke dalam sistem NAWASIS secara tepat dan efektif, maka dibutuhkan pendampingan penguatan kapasitas bagi operator NAWASIS dari setiap kabupaten/kota. Pendampingan tersebut diharapkan membekali kemampuan bagi operator yang bertanggung jawab mengerjakan pemutakhiran data secara berkelanjutan. Untuk itu Pokja AMPL/PPAS Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan  Program WASH kerja sama UNICEF dan BaKTI memfasilitasi pelaksanaan Workshop Penggunaan Perangkat Pemantauan dan Evaluasi Layanan Informasi Perumahan, Permukiman, Air Minum, dan Sanitasi Nasional Provinsi Sulawesi Selatan dalam platform NAWASIS. Kegiatan ini berlangsung pada 15 September 2022 bertempat di Hotel Best Western Makassar.

1



Workshop Penggunaan Perangkat Pemantauan dan Evaluasi Layanan Informasi Perumahan, Permukiman, Air Minum, dan Sanitasi Nasional Provinsi Sulawesi Selatan ini diikuti oleh 24 perwakilan pokja AMPL/PKP dan operator NAWASIS dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Sekretariat Program Management Unit PPSP, Direktorat Perumahan dan Permukiman Kementerian PPN/BAPPENAS. Pada kegiatan ini, para peserta memperoleh pengetahuan tentang sistem NAWASIS dan kegunaannya untuk mendukung pembangunan sektor perumahan, permukiman, air minum, sanitasi, dan persampahan. 

1


Ir. A. Darmawan Bintang, Kepala Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, dalam sambutannya menyampaikan harapannya terhadap kegiatan ini. “Saya berharap para perwakilan kabupaten yang telah dilatih dalam workshop ini dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh sekaligus membagikan pengetahuan ini kepada pihak terkait lainnya di kabupaten agar dapat mendukung percepatan sanitasi aman di Provinsi Sulawesi Selatan.” Ungkapnya. Workshop ini pun diakhiri dengan melakukan praktek langsung pembaruan data melalui penginputan data SSK terbaru ke dalam sistem NAWASIS untuk pemantauan dan pelaporan kegiatan program PPSP (Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman).