• adminbakti
  • 11 April 2023

Yayasan BaKTI menjadi Anggota Tim Penilai PPD dan KIPP2023

Yayasan BaKTI menjadi Anggota Tim Penilai PPD (Penghargaan Pembangunan Daerah) 2023 dan KIPP (Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik) 2023
 

Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2023
Tahun 2023 menjadi tahun ke-2 Yayasan BaKTI menjadi anggota Tim Panelis Penilai Independen pada kegiatan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2023. Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) merupakan perhelatan tahunan yang dilaksanakan oleh Bappenas dengan penanggung jawab masing-masing daerah adalah Bappelitbangda Provinsi. Kegiatan PPD ini sebelumnya dikenal dengan nama Anugerah Pangripta Nusantara (APN), yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011.

Tujuan pemberian Penghargaan Pembangunan Daerah adalah untuk: (1) Mendorong pemerintah daerah untuk menyusun dokumen perencanaan yang konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan; (2) Mendorong integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pusat dan daerah; (3) Mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan; dan (4) Mendorong pemerintah daerah untuk terus berinovasi di bidang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.


Foto bersama Pemerintah Kabupaten Gowa setelah memaparkan capaian pembangunannya

Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023
Tahun ini adalah tahun ke 5 Yayasan BaKTI menjadi salah satu anggota Tim Penilai Independen untuk perhelatan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan sejah tahun 2018. Biro Organisasi dan Tata Laksana Provinsi Sulawesi Selatan menjadi penaggung jawab event tahunan ini. Bersama anggota tim Panel lainnya yang terdiri dari TGUPP, LAN, KOMPAK, GIZ dan BAPPELITBANGDA, BaKTI memberikan masukan dan tanggapan atas inovasi yang diajukan kabupaten/kota untuk selanjutnya diberi penilaian dan disiapkan untuk berlaga di level nasional yakni SINOVIK oleh Kemenpan RB.

KIPP kompetisi inovasi tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB dimana Biro Organisasi Tata Laksana menjadi penanggung jawab di level provinsi. Event ini merupakan salah satu cara yang dilakukan Kementerian PANRB dalam pembinaan inovasi pelayanan publik. Pembinaan inovasi merupakan tugas yang tidak hanya dilakukan oleh Kementerian PANRB, tetapi juga setiap instansi pemerintah baik pusat dan daerah.


Interview dan Presentasi salah satu Kabupaten Peserta KIPP