Fenomena media sosial kian berkembang di Indonesia. Kondisi ini dapat dibuktikan bahwa Indonesia menempati peringkat 4 pengguna Facebook terbesar di dunia setelah USA, Brazil, dan India. Hal ini menunjukkan sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial.

Penggunaan media sosial dalam aktivitas sosial memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah media sosial memiliki kekuatan dalam menjangkau khalayak luas dengan cara yang mudah. Karenanya media sosial dapat digunakan untuk mendukung aktivitas sosial, seperti media edukasi, berbagi informasi, juga mengkampanyekan sebuah program atau gerakan.

Berkaca pada fenomena ini, kami melihat adanya peluang dan kebutuhan untuk para praktisi Komunikasi Pembangunan untuk berbagi pengetahuan dan berbagi pengalaman melakukan kampanye melalui sosial media.

Acara ini disebut ‘bengkel’ karena dalam seluruh kegiatannya terdapat proses bagi setiap peserta untuk meningkatkan, memperbaiki, atau memodifikasi pengetahuan dan keterampilan yang telah dimilikinya. Prosesnya dapat berupa berbagi, mendengar, dan menyerap beragam contoh kasus praktis dari peserta lain, dan narasumber.

Pelatihan ini akan mengangkat pengalaman Ryan Hidayat, admin akun @supet dan Ketua Komunitas Blogger Makassar Syaifullah Dg. Gassing (Daeng Ipul), beberapa pegiat sosial media di Makassar lainnya (earth hour Makassar, dan makassar berkebun), dan sosial media campaigner dari JIKom (Jelajah Indi Komunikasi) sebuah konsultan media dan komunikasi dari Jakarta.

 

Jadwal dan Lokasi:

Bengkel Komunikasi 7 akan dilaksanakan di Kota Makassar pada tanggal 24-25 Februari 2015

 

untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut hubungi melya@bakti.or.id