Masalah, tantangan atau peluang Data/informasi anggaran yang pada umumnya disajikan dalam bentuk tabel atau matriks mencakup berbagai macam informasi kuantitatif. Dokumen anggaran daerah seperti
Proses penyusunan anggaran daerah yang merupakan kelanjutan proses dari perencanaan telah diatur pelaksanaannya oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri dengan rentang waktu yang cukup singkat. Dalam proses penyusunan anggaran daerah, para pemangku kepentingan baik Pemerintah Daerah, Legislatif Daerah, maupun organisasi masyarakat sipil (OMS) perlu mengkaji dan mereviu data/informasi anggaran tahun berjalan dan tahun sebelumnya.
baik penyusun maupun pelaksana kebijakan dalam mengkaji dan mereviu dokumen-dokumen anggaran. sehingga tidak perlu tambahan biaya untuk pengadaan aplikasi yang cocok. Excel Microsoft Office dipergunakan oleh hampir seluruh kalangan baik pemerintah daerah, legislatif, dan OMS dan KUA – PPAS, RKA-SKPD, DPA-SKPD, APBD, APBD Perubahan, Penjabaran APBD, dan Penjabaran APBD Perubahan sebagian besar memuat data/informasi berupa tabel/matriks yang cukup komprehensif, kompleks dan tebal.
waktu yang cukup singkat.
Dengan singkatnya waktu yang disediakan dan tebalnya dokumen, maka diperlukan suatu alat atau instrumen sederhana, relatif murah, mudah didapat, dan mudah dipelajari untuk membantu para pemangku kepentingan Tersedia suatu aplikasi, PIVOT, yang terdapat dalam setiap perangkat lunak (software) Excel Microsoft Office cukup sederhana, mudah didapat, relatif murah dan mudah dipelajari.