Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Kegiatan

You are here

 » Pelatihan Pencatatan Kelahiran Online Anak yang Baru Lahir di Kota Makassar
Pelatihan Pencatatan Kelahiran Online Anak yang Baru Lahir di Kota Makassar
Aug
07

Akta kelahiran adalah hak hidup identitas diri anak yang dijamin undang-undang.  Jika anak tidak memiliki akte kelahiran, maka dapat dipastikan ia tidak akan mendapatkan hak perlindungan dan layanan kesejahteraan sosial. Ia tidak akan beroleh akses jaminan biaya pendidikan, kesehatan dan hak-hak sipil lainnya. Keberhasilan cakupan akte kelahiran di Kota Makassar mencapai 89% dalam bulan Februari 2018 patut diapresiasi dan dibanggakan. Betapa tidak, perestasi tersebut telah melampaui target RPJMN 2015-2019 yakni 85% pada tahun 2019.

Selanjutnya untuk mencapai 100%  pemerintah kota Makassar perlu mengembangkan strategi yang lebih inovatif dan kontekstual guna menjawab beragam tantangan. Dan salah satu tantangannya adalah menjangkau data kelahiran anak yang baru lahir di rumah sakit, rumah bersalin, dan pusat-pusat kesehatan masyarakat secara cepat berbasis website dan aplikasi mobile.

Dalam upaya mendukung pemerintah Kota Makassar untuk terus meningkatkan cakupan akte kelahiran, khususnya bagi anak yang baru lahir, maka Unicef melalui kerja sama dengan Yayasan BaKTI melaksanakan Pelatihan Pencatatan Kelahiran Online untuk Anak yang Baru Lahir di Kota Makassar dan Pendampingan Pasca Pelatihan. Dari pelatihan tersebut  hasil dampak yang diharapkan antara lain adalah setiap anak yang baru lahir di rumah sakit, rumah bersalin, dan Puskesmas langsung dicatatkan kelahirannya secara online agar langsund diterbitkan akte kelahirannya oleh Dinas Dukcapil

Hari/Tanggal Kegiatan: Selasa-Rabu/7-8 Agustus 2018
Waktu Kegiatan: 08.30 - selesai
Lokasi Kegiatan: Hotel Best Western Makassar
Contact Person: Hamsah Sinring, email: hsinring@bakti.or.id

 

Tanggal Kegiatan: 
7 Aug 2018