Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Kegiatan

You are here

 » Penerbitan Akte Kelahiran di Kota Makassar dan di Kabupaten Gowa
Penerbitan Akte Kelahiran di Kota Makassar dan di Kabupaten Gowa
Sep
27

Peningkatan cakupan akte kelahiran di Makassar dan Gowa dalam tahun 2018 mencapai 90%  dan 91.82%. Sebuah pencapaian yang sangat patut diapresiasi karena telah melampaui target RPJMN 2015-2019 yakni 85% pada tahun 2019. Keberhasilan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapi) membangun kemitraan dengan parapihak dalam mengelola pelayanan langsung bagi warga telah menjadi pemantik utama meningkatnya layanan percepatan pemberian akte kelahiran di kota dan kabupaten tersebut.

Akan tetapi progresifitas percepatan layanan akte kelahiran yang dilakukan Dinas Dukcapil di Makassar dan Gowa masih belum menjangkau banyak anak rentan.   Di Kota Makassar kelompok anak-anak yang rentan berada di klaster pinggiran kota, di wilayah pesisir dan kepulauan sementara di kabupaten Gowa berada di kampong-kampung dataran tinggi dan pegunungan.

Guna mendukung percepatan pemberian akte kelahiran kepada anak rentan di wilayah yang sulit dijangkau di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, UNICEF melalui Yayasan BaKTI akan melaksanakan program penerbitan akte kelahiran  anak rentan yang berada di wilayah terjauh di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.
 
Tujuan kegiatan yaitu memfasilitasi Dinas Dukcapil melaksanakan pencetakan dan penyerahan akte kelahiran langsung kepada anak yang rentan berdasarkan data kelahiran yang telah terkumpul.
    
Hari/Tanggal Kegiatan: Kamis-Jumat/27-28 September 2018
Waktu Kegiatan: 08.30 - selesai
Lokasi Kegiatan: Kota  Makassar dan Kabupaten Gowa
Contact Person: Hamsah Sinring, email: hsinring@bakti.or.id

 

Tanggal Kegiatan: 
27 Sep 2018