Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Kegiatan

You are here

 » Pertemuan Koordinasi Pengumpulan data akta kelahiran anak di wilayah terjauh dan terpencil di Kota Makassar dan kabupaten Gowa
Pertemuan Koordinasi Pengumpulan data akta kelahiran anak di wilayah terjauh dan terpencil di Kota Makassar dan kabupaten Gowa
Aug
29

Penduduk rentan di kota Makassar, yaitu warga yang tinggal di wilayah marginal seperti di kepulauan, wilayah pesisir, warga disabilitas/cacat, keluarga penderita kusta, dan anak-anak panti asuhan sangat merasakan kesulitan dalam mengakses pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil, misalnya  Akta Kelahiran. Demikian juga yang dialami oleh penduduk Kabupaten Gowa yang berada di wilayah terjauh. Hal ini diakibatkan keterbatasan yang mereka miliki dan rendahnya pengetahuan mereka tentang pentingnya dokumen kependudukan dan pencatatan sipil tersebut.

Berdasarkan data SUSENAS 2016, 34% Anak Indonesia (lebih dari 27 juta penduduk usia di bawah 18 tahun) tidak memiliki Akta Kelahiran. Hal ini berdampak negatif bagi anak. Misalnya  Tidak memiliki identitas hukum dan terabaikan perlindungan hak sipilnya. Tidak tercatat dalam data kependudukan, sehingga menghilang dari peta statistik. Kesulitan mengakses layanan dasar pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, dan dokumen kependudukan lainnya. Kemudian 62% Anak yang tidak memiliki akta kelahiran berasal dari keluarga miskin (40% terbawah) dan 66% Anak yang tidak punya akta kelahiran berasal dari daerah perdesaan.  

Namun seiring dengan upaya peningkatan layanan akta kelahiran ini, masih ada kelompok anak-anak yang rentan yang berada di wilayah terpencil dan terjauh memiliki akses terbatas terhadap pencatatan kelahiran. Kota Makassar dan Kabupaten Gowa juga masih mengalami hambatan untuk pemenuhan 100% akta kelahiran bagi anak rentan.

Untuk mendorong percepatan pencapaian 100%, UNICEF melalui Yayasan BaKTI akan melaksanakan Pertemuan koordinasi membangun sistem pengumpulan data akta kelahiran bagi anak rentan yang berada di wilayah terpencil dan terjauh di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa.

Tujuan kegiatan ini membahas mekanisme dan sistem pengumpulan data akta kelahiran bagi anak rentan yang berada di wilaya terpencil dan terjauh, dalam rangka pemenuhan target 100% cakupan akta kelahiran pada tahun 2019.

Hari/Tanggal Kegiatan: Rabu-Kamis/29-30 Agustus 2018
Waktu Kegiatan: 08.30 - selesai
Lokasi Kegiatan: Hotel Remcy Makassar
Contact Person: Hamsah Sinring, email: hsinring@bakti.or.id

 

Tanggal Kegiatan: 
29 Aug 2018