Memberi masukan signifikan pada agenda pembangunan yang lebih luas

Kegiatan

You are here

 » UNICEF-BaKTI: Pelatihan Parenting Skill Bagi Orang Tua dan Para Pihak
UNICEF-BaKTI: Pelatihan Parenting Skill Bagi Orang Tua dan Para Pihak
Oct
09

Berdasarkan penelitian "Pengetahuan, Perilaku dan Sikap Anti Kekerasan Terhadap Anak yang dilakukan oleh PUSKAPA UI dan UNICEF, strategi kunci telah terindentifkasi. Salah satu strategi kunci adalah intervensi pada orang tua yang berkaitan dengan keterampilan orang tua mereka untuk mencegah kekerasan terhadap anak. Saat ini telah dipersiapkan dan dikembangkan sebuah Modul parenting skill, untuk pelaksanaan langsung terhadap orang tua dan fasilitator. Implementasi Modul tersebut di implementasikan di Kelurahan yang dipilih adalah Baraya dan Manggala. Kedua kelurahan tersebut merupakan daerah di mana penelitian dilakukan, dan Manggala sebagai Kelurahan yang akan mengembangkan Kelurahan Ramah Anak.

Untuk mendukung hal tersebut di atas, BaKTI-UNICEF melaksanakan Pelatihan Parenting Skill bagi perwakilan orang tua yang memiliki anak yang masih duduk di bangku SMP dan SMA kelas I dan kelas II, serta beberapa pemangku kepentingan yang ada di Kelurahan Baraya dan Kelurahan Manggala.
Tujuan Pelatihan adalah Untuk memperkuat kapasitas orang tua dalam mencegah kekerasan terhadap anak dan mendorong orang tua untuk memantau dan melaporkan kasus kekerasan di daerah mereka.

Hasil yang diharapkan dari Kegiatan ini adalah Meningkatnya kesadaran dan keterampilan orang tua dan fasilitator /kader lokal dalam memahami perkembangan anak, komunikasi dengan anak-anak, perlindungan anak, mencegah bullying (ejek/penindasan) serta menghindari kekerasan.

Kegiatan ini akan diikuti oleh tak kurang dari 30 peserta yang adalah perwakilan orang tua, tokoh agama/tokoh masyarakat lokal di keluarahan Manggala dan Baraya

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Senior Program Officer UNICEF-BaKTI, Sdr. Leonardy Sambo melalui email leonardy@bakti.or.id

Tanggal Kegiatan: 
9 Oct 2014