Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Kegiatan

You are here

 » Wokshop Scaling up Inisiatif Pencatatan Kelahiran Provinsi Sulsel
Wokshop Scaling up Inisiatif Pencatatan Kelahiran Provinsi Sulsel
Dec
14

Workshop Scaling up Inisiatif Pencatatan Kelahiran Provinsi Sulsel salah satu kegiatan UNICEF melalui BaKTI yang mendukung Pemerintah Provinsi memfasilitasi diseminasi program inovatif dan kreatif di bidang penjangkauan, pencatatan/pelaporan kelahiran bagi anak yang berkeadilan yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota di Sulsel.

Praktik pelaporan kelahiran anak yang baru lahir secara online di Makassar dan Praktik peloporan kelahiran melalui kemitraan partisipatif di Gowa adalah bentuk inovasi yang perlu disebarluaskan guna memicu lahirnya praktik-praktik inovatif lainnya di daerah lain.

Hasil dari praktik-praktik inovatif itu mengantarkan cakupan Kota Makassar mencapai 92.56% dalam bulan November 2018 dan  Kabupaten Gowa mencapai  94,05 %  dalam bulan November 2018. Pencapaian ini patut diapresiasi dan dibanggakan. Betapa tidak, perestasi tersebut telah melampaui target RPJMN 85%  2015-2019 pada tahun 2019.

Sejumlah tantangan dan hambatan yang menjadi bagian dari proses pencapaian cakupan tersebut. Namun pemerintah kedua daerah tersebut melalui Dinas Dukcapil, mengembangkan berbagai inisiatif dalam penjangkauan dan pencatatan kelahiran di mana pun anak berada. Inisiatif-inisiatif yang dikembangkan  itu kemudian diidentifikasi sebagai praktik kontekstual dan aplikabel untuk didiseminasikan di Sulawesi Selatan.  

Kegiatan tersebut secara khusus bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran praktik baik dan pengalaman stakeholder di kabupaten/kota dalam hal penanganan berbagai tantangan dan strategi pencatatan kelahiran yang berkeadilan bagi anak di seluruh pelosok daerah.


Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal      : Jumat, 14 Desember 2018.
Lokasi kegiatan    : Hotel Best Western, Jl. Boto Lempangan No. 67 Kota Makassar
Contact Person:  Hamsah: hsinring@yahoo.com  

 

 

Tanggal Kegiatan: 
14 Dec 2018