Memberi masukan signifikan pada agenda pembangunan yang lebih luas

Kegiatan

You are here

 » Workshop Pemutakhiran Data AMPL dalam Sistem NAWASIS Provinsi Sulawesi Selatan
Workshop Pemutakhiran Data AMPL dalam Sistem NAWASIS Provinsi Sulawesi Selatan
Mar
19

Layanan informasi Akses Air Minum dan Sanitasi Nasional  (National Water Supply and Sanitation Information Services, disingkat  NAWASIS)  merupakan sistem data base dan informasi yang menyajikan secara komprehensif pencapaian pembangunan akses air minum dan sanitasi di seluruh daerah di Indonesia.  Penggunaan sistem data air minum dan sanitasi dalam platform nawasis.info ini merupakan amanat dari RPJMN 2014-2019.  Oleh karenanya sistem  ini menjadi dasar untuk mengadvokasi pembangunan di sektor Air Minum dan Penyehatan Lingkugan (AMPL) ke tingkat yang lebih maju.

Selanjutnya amanat pengelolaan data NAWASIS di daerah diemban oleh tim Pokja AMPL kabupaten/kota. Untuk itu tim khusus Nawasis dari setiap Pokja diharapkan mampu bekerja secara optimal dalam mengupdate data SSK  ke dalam sistem barbasis online tersebut.  Jika data air minum dan sanitasi dalam  Nawasis selalu diperbarui maka stakeholder AMPL kabupaten/kota  dapat dengan mudah memantau status AMPL-nya untuk selanjutnya mengevaluasi dan merencanakan pembangunan AMPL secara berkelanjutan.

Wujud dukungan Pokja AMPL Provinsi Sulawesi Selatan untuk melaksanakan amanat tersebut antara lain memfasilitasi peningkatan kemampuan tim NAWASIS Pokja AMPL kabupaten/kota dalam pemutakhiran data SSK ke dalam sistem NAWASIS.  Untuk itu tim Pokja AMPL Provinsi bekerja sama dengan UNICEF dan Yayasan BaKTI melaksanakan Workshop Pemutakhiran Data NAWASIS Provinsi Sulawesi Selatan.  

Workshop ini diikuti oleh 35 orang peserta dari unsur Tim Pengelola Data AMPL dalam NAWASIS dari 14 kabupaten kota dan tim Pokja AMPL Provinsi.

Melalui workshop ini ke depan diharapkan tim Pokja AMPL provinsi dan kabupaten/kota untuk terus bekerja sama menyajikan data dan informasi  air minum dan sanitasi terbaru dalam NAWASIS yang mendukung percepatan pembangunan AMPL di Suluawesi Selatan.

Kegiatan akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal      : Selasa-Rabu, 19-20 Maret  2019
Lokasi kegiatan    : Makassar
Contact Person    :  Hamsah - hsinring@bakti.or.id

 

Tanggal Kegiatan: 
19 Mar 2019