Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Kegiatan

You are here

 » Workshop Pengembangan Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI)
Workshop Pengembangan Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI)
Jan
24

Workshop Pengembangan Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) untuk 3 wilayah replikasi (Bulukumba, Maros dan Pare-pare)

Deskripi Kegiatan:
Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya kongkrit untuk memperkuat kesejahteraan dan perlindungan anak. Melalui Kementerian Sosial, pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Sosial Nomor 15A/HUK/2010 tentang Panduan Umum Program Kesejahteraan Sosial Anak. Pada tahun 2015-2016, Kementerian Sosial dengan dukungan UNICEF memulai inisiatif model terpadu pelayanan untuk anak rentan dan anak yang menjadi korban kekerasan, perlakuan salah, eksploitasi dan penelantaran. Kementerian Sosial yang didukung oleh UNICEF mengembangkan uji coba Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) di wilayah Tulungagung, Surakarta, Klaten, Makassar dan Gowa.

Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) adalah upaya yang terarah, terpadu, komprehensif dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi dan melindungi hak anak. Pelaksanaan PKSAI memberikan dampak signifikan terhadap jumlah kasus yang direspon. Anak-anak rentan lima  kali lebih mungkin mendapatkan akses terhadap layanan melalui PKSAI. Saat ini Kemeterian Sosial akan mereplikasi pengembangan Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Itegratif  di 3 lokasi baru yakni: Bulukumba, Maros dan Pare-Pare, Provinsi  Sulawesi Selatan.

Rujukan dan layanan yang disediakan dalam model PKSAI bertujuan untuk menghubungkan layanan perlindungan anak (seperti bantuan psikososial, pengasuhan alternatif dan bantuan hukum serta pendampingan bagi anak berkonflik dengan hukum), layanan penguatan keluarga (seperti konseling keluarga), dengan layanan perlindungan sosial dan kebutuhan dasar.

Tujuan Kegiatan: Untuk mempersiapkan strategi implementasi PKSAI di 3 wilayah replikasi (Bulukumba, Maros dan Pare-Pare).

Hari/Tanggal Kegiatan: Kamis-Jumat/24-25 Januari 2019
Waktu Kegiatan: 08.30 - selesai
Lokasi Kegiatan: Hotel Best Western, Makassar
Contact Person: Arafah, email: arafah@bakti.or.id

Tanggal Kegiatan: 
24 Jan 2019