Program Yang Telah Selesai

Program MAMPU

MAMPU adalah kemitraan Pemerintah Australia (DFAT) dan Pemerintah Indonesia (BAPPENAS) yang bertujuan untuk meningkatkan akses perempuan miskin Indonesia terhadap layanan penting dan program pemerintah, dan mendukung pencapaian target-target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang terkait. 

Program MAMPU yang dikelola oleh BaKTI bekerja melalui anggota parlemen, kelompok konstituten, dan masyarakat sipil yang mendukung isu gender dan pro poor untuk mempercepat reformasi kebijakan yang terkait dengan 6 tema, yaitu:

  1. Membuka akses perempuan miskin kepada program perlindungan sosial pemerintah,
  2. Membuka akses perempuan kepada pekerjaan dan menghapuskan diskriminasi di tempat kerja,
  3. Meningkatkan kondisi tenaga kerja perempuan ke luar negeri, 
  4. Meningkatkan kepemimpinan perempuan untuk kesehatan reproduksi yang lebih baik, 
  5. Meningkatkan kepemimpinan perempuan untuk mengurangi kekerasan terhadap perempuan,
  6. Bekerja sama dengan parlemen.

Hasil yang diharapkan dari Program MAMPU - BaKTI adalah 

  1. Anggota parlemen menjalankan fungsi-fungsinya untuk melahirkan kebijakan yang pro-poor dan responsif gender,
  2. Kelompok Konstituen dan perempuan miskin mengakses layanan publik yang berkualitas secara aktif,
  3. Masyarakat sipil sebagai aktor perubahan menggerakkan advokasi kebijakan untuk mendorong pemerintah dan DPRD membuat kebijakan yang pro-poor dan responsif gender.

Pendanaan : DFAT Australia melalui Cowater

Sektor : Pemberdayaan Perempuan

Wilayah Kerja : Sulawesi Selatan (Kabupaten Bone, Parepare, Maros & Tana Toraja); Sulawesi Tenggara (Kota Kendari); Maluku (Kota Ambon); NTT (Kab. Belu); NTB (Kota Mataram & Kab. Lombok Timur).

Periode : 2012 - 2020

https://bakti.or.id/program-mampu

Program KIAT Guru

Untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di daerah tertinggal, di tahun 2014 TNP2K bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merintis program Kinerja dan Akuntabilitas Guru (KIAT Guru). Beberapa pokok permasalahan melatarbelakangi program ini, sehingga pelaksanaan Program KIAT Guru melibatkan peran serta masyarakat, memperbaiki mekanisme dan transparansi pembayaran tunjangan guru, dan mengaitkan besaran tunjangan guru dengan layanan pendidikan.

TNP2K melihat perlunya peningkatan efektivitas dan akuntabilitas anggaran sektor pendidikan yang dialokasikan untuk guru, sehingga layanan dan capaian pendidikan dapat ditingkatkan, terutama untuk kelompok masyarakat yang masih belum terjangkau dengan baik.

Program Rintisan KIAT Guru diselenggarakan dalam lingkup koordinasi TNP2K dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kedeputian Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat, dan Kebudayaan – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan – Kementerian Keuangan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

https://bakti.or.id/kiat-guru

Program BANGGA Papua

Pemerintah Provinsi Papua, didukung oleh KOMPAK dan MAHKOTA  melaksanakan Program Bangun Generasi dan Keluarga Papua Sejahtera (BANGGA Papua). Program ini akan memberikan dukungan dana untuk anak-anak selama 1000 hari pertama kehidupan mereka, yang merupakan periode penting dalam pertumbuhan anak. Dana yang disediakan digunakan untuk meningkatkan gizi dan kesehatan anak.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Provinsi Papua  menyediakan dana kepada keluarga yang memiliki anak berusia di bawah 4 tahun. Program ini didanai oleh Dana Otonomi Khusus dari provinsi dan kabupaten, dan pada tahun 2018, diujicobakan di Kabupaten Asmat, Paniai dan Lanny Jaya. KOMPAK bekerja sama dengan Yayasan BaKTI mendukung komponen komunikasi strategis  dan peningkatan kapasitas komunikasi kepada anggota secretariat bersama di tingkat provinsi dan kabupaten.

https://bakti.or.id/program-bangga

Pengelolaan dan Pemanfaatan Pengetahuan Hijau di Indonesia - MCA-Indonesia

Pengetahuan Hijau merupakan salah satu bagian dari Proyek Kemakmuran Hijau (Green Prosperity) yang berfokus pada pengumpulan dan penyebaran pengetahuan tentang energi terbarukan, pengelolaan sumber daya alam, serta pertanian berkelanjutan di 13 kabupaten pada 4 provinsi Jambi, Sulawesi Barat,NTT, dan NTB. Yayasan BaKTI bertindak sebagai pengelola pengetahuan dari Proyek Kemakmuran Hijau . Proses pengumpulan, pedokumentasian, dan diseminasi Pengetahuan Hijau dilaksanakan oleh BaKTI bekerjasama dengan Penerima Hibah Aktivitas Pengetahuan Hijau - Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia, melalui jaringan seluruh pihak, media, dan melalui event-event yang dapat menjangkau stakeholder maupun penerima manfaat agar informasi yang disampaikan dapat teradopsi dengan mudah di level daerah dan nasional.  

pengetahuanhijau.batukarinfo.com/

Public Expenditure Analysis & Capacity Harmonization (PEACH)

Analisa Pengeluaran Publik dan Peningkatan Kapasitas (PEACH) merupakan suatu metode analisa bagaimana pemerintah mengalokasikan dan mengelola sumber daya keuangan daerah. Tujuan melakukan analisis adalah memberikan rekomendasi bagaimana pemerintah dapat mengelola keuangan publik secara lebih efisien dan efektif di masa yang akan datang.

bakti.or.id/public-expenditure-analysis-capacity-harmonization-peach

KNOWLEDGE MANAGEMENT SUPPORT – Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD)

Yayasan BaKTI bertanggung jawab pada komponen Knowledge Management  dari program Australian Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) Program ini bertujuan untuk memastikan pengetahuan dan pembelajaran dari program dapat dikumpulkan dan dibagikan pada stakeholder yang relevan. Empat produk utama dari komponen ini adalah: Pusat Data Pembangunan Daerah,  Unit Pengelola Koordinasi Mitra Pembangunan, Pembelajaran Pembangunan, dan  Forum berbagi pengetahuan.

bakti.or.id/knowledge-management-support-%E2%80%93-australia-indonesia-partnership-decentralisation-aipd

Public Expenditure and Revenue Analysis (PERA)

Kajian Pengeluaran dan Penerimaan Publik (PERA) menyediakan berbagai informasi dan rekomendasi kebijakan yang dapat membantu pemerintah daerah untuk memperbaiki dan meningkatkan potensi penerimaan daerah serta meningkatkan pelayanan  publik kepada masyarakat. Hal ini termasuk efektifitas dan efisiensi dalam pengalokasian anggaran publik sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat, efektifitas pengeluaran pemerintah daerah  baik secara aggregate maupun disagregat (sektoral) dan penyusunan perencanaan dan penganggaran secara konsisten, efektifitas penerimaan daerah. 

bakti.or.id/public-expenditure-and-revenue-analysis-pera

Barefoot Engineers Training Wave III

Barefoot Engineers Training (Insinyur Tanpa Alas Kaki) memberikan pelatihan bagi lulusan sekolah menengah atas dan kejuruan di Papua dan Papua Barat untuk menjadi kader teknis, sebelum lebih jauh dilatih sebagai Fasilitator Teknis Kabupaten di PNPM Respek/Perdesaan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

bakti.or.id/barefoot-engineers-training-wave-iii

KINERJA PAPUA

Yayasan BaKTI bertanggung jawab pada pembentukan PMC (Project Management Committee) dan komponen Knowledge Management serta mengorganisir dan memfasilitasi meeting, diskusi, seminar dan pendokumentasian praktik baik program.

bakti.or.id/kinerja-papua

EDUCATION AND HEALTH SERVICES IN PAPUA (LANDASAN I)

Proyek ini mendukung penyelenggaraan pelayanan dasar di lini terdepan di Papua dan Papua Barat dengan melakukan intervensi langsung kepada unit-unit pelayanan dasar, serta memfasilitasi intergrasi vertikal dan koordinasi antara  Pemerintah Daerah (Kabupaten dan Kecamatan) dan tingkat desa dalam hal perencanaan dan penganggaran pembangunan.  Proyek ini berfokus pada kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat kampung.

bakti.or.id/education-and-health-services-papua-landasan-i

LANDASAN TRANSISI

Proyek ini mendukung penyelenggaraan pelayanan dasar di lini terdepan di Papua dan Papua Barat dengan melakukan intervensi langsung kepada unit-unit pelayanan dasar, serta memfasilitasi intergrasi vertikal dan koordinasi antara  Pemerintah Daerah (Kabupaten dan Kecamatan) dan tingkat desa dalam hal perencanaan dan penganggaran pembangunan. Proyek ini berfokus pada kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat kampung.

bakti.or.id/landasan-transisi

Service Providers for the Development of the Pilot of the Knowledge Centre

Bappenas bekerjasama dengan Knowledge Sector Initiative (KSI) Australia, beserta Yayasan BaKTI dan United Cities Local Government-Asia Pacific (UCLG-ASPAC) dalam mengembangkan Knowledge Center (KC). KC merupakan repository (penyimpanan) praktik cerdas yang sifatnya terpusat, dinamis dan terintegrasi. Praktik cerdas yang didokumentasikan oleh KC diharapkan dapat membantu pemerintah pusat dan daerah dalam merumuskan kebijakan dan pelaksanaan perencanaan pembangunan yang berbasis pengetahuan.

bakti.or.id/service-providers-development-pilot-knowledge-centre

SMSBunda

Jhpiego bersama dengan Kementerian Kesehatan mengembangkan sistem layanan informasi bagi ibu dan keluarga berbasis SMS yang diberi nama SMSbunda. SMSbunda merupakan salah satu media yang efektif bagi ibu dan keluarga untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan, tanda bahaya, persiapan persalinan, pengingat jadwal pemeriksaan ibu hamil, nifas, dan imunisasi bayi serta perawatan anak sampai anak mencapai usia 2 tahun melalui SMS.

bakti.or.id/smsbunda

Pelaksanaan Kegiatan Berbagi Pengetahuan Program Transformasi GIZ

BaKTI bekerja sama dengan GIZ memfasilitasi beberapa kegiatan pertukaran pengetahuan program TRANSFORMASI di Sulawesi Selatan. Program TRANSFORMASI - Transformasi Administrasi – Penguatan Inovasi bertujuan untuk menumbuhkan administrasi publik yang lebih efektif, efisien, akuntabel dan berorientasi publik (transparan).

bakti.or.id/pelaksanaan-kegiatan-berbagi-pengetahuan-program-transformasi-giz

Melayani
MELAYANI (Mengurai Permasalahan Perbaikan Layanan Dasar di Indonesia) adalah sebuah program yang mendukung pemerintah daerah untuk menggunakan pendekatan berbasis masalah dalam menanggulangi masalah-masalah layanan dasar dengan tetap mempertimbangkan kondisi dan kapasitas yang dimiliki pemerintah daerah sendiri. Program MELAYANI World Bank menggunakan pendekatan berbasis masalah dengan mempertimbangkan kondisi dan kapasitas pemerintah daerah untuk menemukan solusi program yang efektif.
MELAYANI bekerja dengan beberapa pendekatan. Sebagian besar pendekatan program yang digunakan adalah pendekatan “Adaptasi Iteratif Berbasis Masalah” atau PDIA[1], Deliverologi Michael Barber[2], serta pendekatan “Kajian Cepat dan Rencana Aksi” atau Rapid Assessment and Action Plan (RAAP)

https://batukarinfo.com/melayani