• itaibnu
  • 30 December 2020

Papua dan Papua Barat Siap Implementasi SAIK dan Sinergi Perencanaan

Penyiapan dan Penggunaan Aplikasi Sistem Administrasi dan Informasi Kampung Plus (SAIK+) di Provinsi Papua Barat 

  • itaibnu
  • 13 October 2020

Aplikasi SAIK Plus dan Sio Papua, Memastikan Semua Masyarakat Terdata

Sepanjang periode Juli-September 2020, Program KOMPAK - LANDASAN Fase II di Provinsi Papua dan Papua Barat melaksanakan beberapa aktifitas diantaranya:

Penyiapan dan Penggunaan Aplikasi Sistem Administrasi dan Informasi Kampung Plus (SAIK+) di Provinsi Papua Barat 

  • itaibnu
  • 14 July 2020

Pendampingan Penyelesaian Dokumen Perencanaan Kampung

Pemutakhiran Data dan Penggunaan Aplikasi Sistem Administrasi Dan Informasi Kampung Plus (SAIK+) di Provinsi Papua Barat

Inspirasi BaKTI : Perencanaan Penggunaan Lahan Berkelanjutan – inisiasi Kecamatan Rampi

Selama 2 tahun lebih Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersama dengan Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP), Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP) Tokalekaju  dan Perkumpulan Wallacea  melakukan inisiasi kegiatan Sustainable Land Use Planning (SLUP) atau Perencanaan Penggunaan Lahan Berkelanjutan (PPLB) di Kecamatan Rampi, yang bertujuan untuk mewujudkan penyusunan perencanaan pembangunan yang melibatkan partisipasi masyarakat khususnya dalam isu penataan ruang di Kabupaten Luwu Utara.  

Diskusi Inspirasi BaKTI “Gerakan Kembali Bersekolah – Program Inovasi Polres Mamuju”

Secercah harapan baru mulai dirasakan oleh anak-anak yang tidak sekolah di Kabupaten Mamuju.   Kini semakin banyak pihak yang peduli terhadap pentingnya pendidikan, khususnya pendidikan dasar. Kepedulian terhadap pendataan anak putus sekolah dan pengembalian anak ke sekolah mulai merambah ke banyak pihak, termasuk Polres Mamuju.

Inspirasi BaKTI: Masyarakat Sejahtera, Hutan Lestari - Pembelajaran dari Kab. Kolaka Timur

Beberapa pengalaman pemberdayaan masyarakat untuk menciptakan mata pencaharian berkelanjutan (sustainable livelihoods) berbasis agroforestry yang telah difasilitasi oleh  LSM Operasi Wallacea Terpadu (OWT) dari tahun 2010 –hingga kini di Kabupaten Kolaka  Timur adalah (1) Agroforestry berbasis karet, (2) Agroforestry berbasis Lada; (3) Pengembangan tanaman buah-buahan yang dikembangkan secara vegetatif; (d)  Membangun Sumber Benih Unggul di tingkat desa; (4) Memfasilitasi masyarakat untuk  memanfaatkan limbah pertanian menjadi pupuk organik, (5) Memfasilitasi pertanian  Jamur Merang.

[Inspirasi BaKTI] Sekolah Anggaran Rakyat

Angka kemiskinan di Kabupaten Maros masih cukup tinggi. Berdasarkan data Bappeda Kabupaten Maros, jumlah orang miskin pada tahun 2011 adalah 47.440 (13,17%) tahun 2012 menjadi 33.112 (12,69%) dan tahun 2013 naik menjadi 42.400 (13,15%). Angka ini tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan persentase angka kemiskinan propinsi yang pada Maret 2013 sekitar 9,54%. Padahal, Kabupaten Maros dianugerahi sumber daya alam yang melimpah mulai dari pertambangan, laut, perkebunan, taman wisata dan juga bertetangga dengan Kota Metropolitan Makassar.