• itaibnu
  • 10 January 2023

Program Kerjasama UNICEF – BaKTI Melalui WASH dan Child Protection

Program Kerjasama UNICEF – BaKTI melalui WASH (Water, Sanitation and Hygiene) dan Child Protection selama periode Oktober - Desember 2022 sebagai berikut: 

WASH (Water, Sanitation and Hygiene)

1.    Pembahasan dan Penyerahan Dokumen Pembentukan UPT PALD Dinas Biciptapera

  • itaibnu
  • 01 December 2022

Diskusi INSPIRASI BaKTI  “Mental Sehat, Generasi Hebat”

Masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan. Selain memperhatikan perkembangan fisik mereka, sebagai orang tua perlu memperhatikan perkembangan mental anak. Perkembangan mental dipengaruhi oleh kesehatan mental. Kesehatan mental yang baik, akan memengaruhi juga kesehatan fisik anak. Menurut data WHO, 1 dari 5 anak mengalami gangguan mental.

  • itaibnu
  • 11 October 2022

Pertemuan Penguatan Kapasitas Penyusunan Perdes Layanan Perlindungan Anak dan Penyusunan SOP Layanan Kesejahteraan Sosial dan Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat

Membangun Indonesia dari desa untuk menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing sangat tepat dilakukan bersama agar tidak ada satu orang pun yang tertinggal (no one left behind). Membangun desa dalam berbagai bentuk inovasi dapat berkontribusi positif bagi anak karena sebagian besar penduduk desa adalah anak, serta menjadi strategi untuk mencapai akselerasi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di seluruh desa di Indonesia.

  • itaibnu
  • 26 September 2022

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Memperkuat Lingkungan yang Aman  dan Ramah Anak termasuk dalam Ranah Daring

Tugas melindungi anak merupakan tugas bersama baik  pemerintah maupun masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan strategi perlindungan terpadu mulai tingkat desa/kelurahan untuk mewujudkan lingkungan ramah dan aman bagi anak. Lingkungan aman dan ramah bagi anak, dapat diartikan, bagaimana lingkungan tersebut bisa menjadi pelindung bagi anak. Anak dapat memiliki cita-cita tinggi tanpa adanya diskriminasi, kekerasan, eksploitasi dan perlakuan yang salah.

  • itaibnu
  • 19 September 2022

Pelatihan Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat

Perlindungan Anak dalam pengurangan risiko bencana adalah semua upaya yang dilakukan untuk pencegahan dan penanganan kekerasan, penelantaran, eksploitasi dan pelecehan terhadap anak dan memastikan serta melindungi anak serta hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat sebagai manusia mulai dari proses kajian risiko, perencanaan  pembangunan (dan atau program), tindakan pencegahan, tindakan mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat bencana, sampai pada proses rehabilitasi-rekonstruksi serta upaya perencanaan pembangunan

  • itaibnu
  • 16 September 2022

Workshop Penggunaan Perangkat Pemantauan dan Evaluasi Layanan Informasi Perumahan, Permukiman, Air Minum, dan Sanitasi Nasional Provinsi Sulawesi Selatan

 Amanat Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 menggariskan bahwa percepatan pembangunan perumahan, permukiman, air minum dan sanitasi berkelanjutan dilaksanakan melalui Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP).

  • itaibnu
  • 13 September 2022

Pengembangan Aplikasi SIMPALD Dinas PUPR-UPT PALD Kabupaten Pinrang

Sejak tiga bulan terakhir, layanan penyedotan lumpur tinja UPT PALD (Pengelolaan Air Limbah Domestik) telah menjangkau 162 rumah tangga dengan penyedotan di empat IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) komunal untuk 110 rumah tangga dan 52 tangki septik individual. Untuk peningkatan layanan, UPT PALD menargetkan layanan untuk 7.500 rumah tangga pelanggan serta dua IPAL komunal tambahan dengan 832 jumlah sambungan rumah tangga pengguna.

  • itaibnu
  • 08 September 2022

Pelatihan Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat

Anak adalah bagian integral dari keberlangsungan hidup manusia, bangsa, dan negara. Sejatinya, anak perlu mendapatkan perlindungan dan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental, maupun sosial. Sebagaimana tertuang dalam Konvensi Hak anak, semua pihak harus mempertimbangkan kepentingan terbaik anak dalam kebijaksanaan, keputusan dan tindakan (KHA Ps 3: 1) dan menjamin terlaksananya perlindungan dan pemeliharaan sedemikian rupa untuk terwujudnya kesejahtaraan anak (KHA Ps 3: 2).

  • itaibnu
  • 24 August 2022

Audiensi Program WASH Kerja Sama UNICEF dan BaKTI untuk Sanitasi Aman di Kabupaten Pinrang

Penyelenggaraan sanitasi di kabupaten Pinrang saat ini telah memasuki tahap pengelolaan sanitasi aman. Untuk itu, pemerintah daerah tengah menyiapkan infrastruktur, regulasi, kelembagaan, dan sarana prasarana untuk pengelolaan air limbah domestik yang mendukung pengelolaan sanitasi aman.

  • itaibnu
  • 23 August 2022

Audiensi Tim Program WASH UNICEF Indonesia Kerja Sama Yayasan BaKTI dengan Pokja PKP dan Baznas Kabupaten Barru

Salah satu praktik baik yang telah dilakukan oleh Pokja PKP (Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman) Kabupaten Barru adalah kolaborasi dengan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Barru untuk mengakselerasi pencapaian target RPJMN dan tujuan pembangunan berkelanjutan untuk akses air dan sanitasi aman.