Audiensi dan Observasi Pengelolaan Air Limbah Domestik di Kabupaten Sidrap

Mengawali upaya pengembangan dan penguatan kelembagaan UPT PALD (Pengelolaan Air Limbah Domestik) di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, program WASH (Water Sanitation and Hygiene (WASH) kerjasama UNICEF dan BaKTI mengadakan audiensi dengan pemerintah Kabupaten Sidrap. Pertemuan ini berlangsung di Kantor SKPD Kabupaten Sidrap pada 13 Juli 2022. Pertemuan ini dihadiri oleh Asisten III Setda Kabupaten Sidrap, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Pertanahan dan Perumahan Kabupaten Sidrap beserta jajarannya, serta sejumlah perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan dan Bapelitbangda Kabupaten Sidrap.

Program WASH merupakan upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan pengelolaan air limbah domestik, mencegah dan menanggulangi pencemaran dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh air limbah domestik, serta memberdayakan masyarakat dan dunia usaha agar berperan aktif dalam penyelenggaraan sistem pengelolaan air limbah domestik. 

1

Dalam sambutannya, Nasruddin Waris, Asisten III Setda Kabupaten Sidrap menyampaikan bahwa persoalan limbah domestik memang cukup pelik dan telah menjadi keresahan di Kabupaten Sidrap. Pembentukan UPT PALD Kabupaten Sidrap yang selama ini tugas dan fungsinya digabungkan dalam satu unit yaitu UPT TPA (Tempat Pemrosesan Akhir) merupakan langkah awal yang diperlukan. Untuk itu dibutuhkan komitmen dari jajaran tim teknis nantinya, juga dukungan penguatan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Menyambut pernyataan tersebut, Hamsah Sinring, Technical Assistant program WASH menyampaikan bahwa program WASH akan terus mendukung Kabupaten Sidrap dalam mewujudkan pengelolaan air limbah domestik yang sesuai dengan kebijakan dan standar nasional melalui fasilitasi pembentukan hingga penguatan dan pengembangan UPT PALD Kabupaten Sidrap. Program WASH juga akan memfasilitasi pembentukan regulasi yang dibutuhkan terkait dengan PALD di Kabupaten Sidrap.

1

Agenda pertemuan ini ditutup dengan melakukan observasi dan penilaian kondisi bangunan IPLT (Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja) Patommo yang terletak di Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap. Secara umum, pengelolaan air limbah domestik di Kabupaten Sidrap memerlukan pembenahan dan untuk itu dibutuhkan komitmen dari berbagai pihak.
Selanjutnya sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah dan program WASH, akan dilakukan pembentukan tim teknis pengembangan dan penguatan UPT PALD Kabupaten Sidrap serta pembahasan draf regulasi yang diperlukan terkait dengan PALD yang akan berlangsung pada 14-16 Juli 2022.