• adminbakti
  • 13 June 2023

Fasilitator Masyarakat Terlatih Memanfaatkan Pertemuan Rutin di Masyarakat untuk Edukasi Cegah Kekerasan Berbasis Gender (KBG) serta OCSEA

Sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Berbasis Gender (KBG), serta Eksploitasi dan Kekerasan Seksual Anak di Ranah Daring (OCSEA) yang dilaksanakan 1-2 Juni 2023 di Kota Makassar dan 3-4 Juni 2023 di Kabupaten Maros, pemerintah kelurahan/desa berkolaborasi dengan Shelter Warga dan PATBM dari wilayah intervensi program Unicef gencar melakukan edukasi ke para orangtua dan pengasuh untuk lebih meningkatkan keamanan online anak.
Berikut Highlight kegiatan Edukasi Cegah KBG dan OCSEA di Masyarakat:
1. Edukasi Cegah KBG dan OCSEA di Pertemuan Arisan Lorong Kelurahan Tamamaung Kota Makassar

Sabtu, 10 Juni 2023. Makassar, Pemerintah Kelurahan Tamamaung bersama Fasilitator Masyarakat dari Shelter Warga memanfaatkan pertemuan arisan lorong yang dihadiri 55 orang warga untuk melakukan Edukasi Cegah Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan Edukasi keamanan Online Anak agar terhindar dari Eksploitasi dan Kekerasan Seksual Anak di Ranah Daring (OCSEA).

2. Memanfaatkan Pertemuan Majelis Taklim di Kota Makassar untuk Melakukan Edukasi Cegah Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan memperkuat keamanan online anak agar terhindari dari Eksploitasi dan Kekerasan Seksual Anak di Ranah Daring (Online Child Sexual Eksploitation and Abuse – OCSEA).

Pemerintah Kelurahan dan Fasilitator Masyarakat dari Shelter Warga di 6 kelurahan wilayah intervensi Program OCSEA memanfaatkan pertemuan Majelis Taklim yang untuk melakukan Edukasi Cegah Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan memperkuat keamanan online anak agar terhindari dari Eksploitasi dan Kekerasan Seksual Anak di Ranah Daring (Online Child Sexual Eksploitation and Abuse – OCSEA).


3. Pertemuan PKK Kelurahan Manggala Kota Makassar sekaligus Edukasi Cegah KBG dan OCSEA

Minggu, 11 Juni 2023. Pemerintah Kelurahan Manggala dan Shelter Warga memanfaatkan pertemuan rutin yang dilaksanakan oleh kelompok PKK untuk melakukan Edukasi Cegah Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan memperkuat keamanan online anak agar terhindari dari Eksploitasi dan Kekerasan Seksual Anak di Ranah Daring (Online Child Sexual Eksploitation and Abuse – OCSEA). Pertemuan ini disambut baik oleh 43 orang anggota PKK yang hadir karena melihat isu ini sangat cocok untuk anak dan orangtua di masa sekarang.

4. Desa Temmapaduae Kabupaten Maros Memanfaatkan Pertemuan Penyaluran Beras Bulog kepada penerima manfaat PKH (Program Keluarga Harapan) dan sekaligus memberikan edukasi Pencegahan KBG dan Memperkuat Keamanan Online Anak.

Jumat, 9 Juni 2023. Pemerintah Desa dan anggota PATBM di Desa Temmapaduae memanfaatkan pertemuan penyaluran Beras Bulog kepada 66 orang penerima manfaat PKH (Program Keluarga Harapan), untuk memberikan edukasi Pencegahan Kekerasan Berbasis Gender (KBG) dan memperkuat keamanan online anak dengan mencegah Eksploitasi dan Kekerasan Seksual Anak di Ranah Daring (OCSEA). Acara ini ditutup dengan pemutaran Video Cegah OCSEA yang dibuat oleh UNICEF bersama Yayasan BaKTI.

5. Edukasi Cegah KBG dan OCSEA saat Pertemuan Bunda Paud di Desa Bontomarannu Kabupaten Maros

Senin, 12 Juni 2023. Disela-sela pertemuan Bunda Paud Desa Bontomarannu, Pemerintah Desa dan Fasilitator Masyarakat yang tergabung kedalam anggota PATBM menyampaikan edukasi kepada 70 orang peserta yang hadir dalam hal ini orangtua dan pengasuh mengenai “Edukasi Pencegahan Eksploitasi dan Kekerasan Seksual Anak di Ranah Daring”. Pada kesempatan itu pula, para orangtua/pengasuh dibekali cara memeriksa keamanan online anak di “parental control” dipandu oleh fasilitator masyarakat dengan menggunakan gadget masing-masing.