Launching Website BANGGA Papua

Ada empat hasil kerja paling menonjol yang dicapai tim KOMPAK-BaKTI sepanjang April – Juni 2020. Ke empat hasil kerja tersebut adalah:
1.    Peluncuran (launching) Website BANGGA Papua, 
2.    Revisi dokumen strategi komunikasi versi PTO (Petunjuk Teknis Operasional) BANGGA Papua,
3.    Dokumentasi video praktik baik BANGGA, dan 
4.    Penyelesaian lima panduan teknis pelaksanaan kegiatan komunikasi.


Peluncuran (launching) Website BANGGA Papua
Pembuatan website ini ditujukan sebagai media yang menyampaikan perkembangan pelaksanaan program, hasil dan capaian program, serta kegiatan-kegiatan program di provinsi dan kabupaten. Proses pembuatan website dilakukan melalui konsultasi dengan Sekber Provinsi dan tim Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informasi) Provinsi Papua. 

BANGGA PAPUA

Konten website BANGGA Papua mencakup informasi tentang tujuan program, 5 prinsip dasar BANGGA Papua, realisasi jumlah total dana yang telah ditransfer ke rekening penerima manfaat di tiga kabupaten, galeri berita, cerita praktik baik BANGGA Papua, testimoni dari pemangku kepentingan BANGGA Papua, dan galeri video yang ditautkan dengan akun YouTube BANGGA Papua. 

Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam mewujudkan website BANGGA Papua: 

  1. Penulisan konsep dan disain website (April 2020).
  2. Koordinasi dengan Tim Diskominfo Provinsi Papua (2 April 2020).
  3. Koordinasi dilakukan terkait penyediaan server milik Pemerintah Provinsi Papua, penjagaan keamanan informasi dan persiapan teknis lainnya. Pertemuan dengan Diskominfo dilakukan secara daring pada tanggal 2 April 2020.
  4. Konsultasi konten dan tampilan rancangan website kepada Sekber Provinsi dan mitra pembangunan lainnya melalui pertemuan daring pada tanggal 8 April 2020.
  5.  Penyempurnaan disain dan konten website untuk mengakomodasi masukan dan rekomendasi yang diberikan Sekber Provinsi, saat konsultasi tanggal 8 April 2020. 
  6. Peluncuran (launching) website BANGGA Papua secara daring (11 Juni 2020).  Peluncuran ini dihadiri oleh 29 peserta termasuk Ketua Sekber Provinsi, Ketua Sekber dari 3 kabupaten uji coba (Asmat, Lanny Jaya dan Paniai), anggota Sekber Provinsi lainnya, anggota Sekber Kabupaten lainnya, tim Diskominfo Provinsi Papua, KOMPAK, MAHKOTA dan DFAT.
  7. Alamat website BANGGA Papua: https://info.bangga.papua.go.id/

Revisi Strategi Komunikasi BANGGA Papua 
Sejak pelaksanaan program BANGGA Papua di awal 2018 hingga Mei 2020, KOMPAK-BaKTI telah menghasilkan dua versi dokumen strategi komunikasi (strakom) BANGGA Papua. Versi pertama dikeluarkan pada tanggal 11 Februari 2018 dan versi kedua pada tanggal 20 Oktober 2018.  Dengan banyaknya temuan praktik baik dan pembelajaran yang diperoleh selama pelaksanaan program, maka dokumen strakom tersebut perlu diperbaharui.

Ada dua jenis dokumen strakom. Yang pertama adalah dokumen yang akan menjadi bagian atau dimasukkan ke dalam dokumen PTO (Petunjuk Teknis Operasional) BANGGA Papua, bersama-sama dengan petunjuk pelaksanaan program dan kerangka monitoring dan evaluasi. Dokumen kedua adalah dokumen lengkap yang memaparkan strategi komunikasi secara detil. 

Setelah melalui revisi beberapa kali dan dikonsultasikan kepada Sekber Provinsi dan mitra pembangunan lainnya, dokumen strakom final versi PTO, akhirnya selesai dikerjakan. Dokumen tersebut telah diserahkan kepada Sekber Provinsi pada tanggal 3 Juni 2020 untuk dimasukkan menjadi bagian dokumen PTO BANGGA Papua yang juga telah direvisi.  

Proses revisi dokumen strakom telah melalui tahapan berikut ini: 

  1. Konsultasi pertama konten dokumen kepada Sekber Provinsi dan mitra pembangunan  melalui pertemuan daring pada tanggal 20 Mei 2020.
  2. Konsultasi kedua kepada Sekber Provinsi dan mitra pembangunan, juga melalui pertemuan daring dilakukan pada tanggal 2 Juni 2020. Dalam konsultasi kedua ini KOMPAK-BaKTI memaparkan revisi isi dokumen berdasarkan masukan-masukan yang diterima pada konsultasi pertama. Konsultasi kedua ini merupakan konsultasi terakhir sebelum dokumen strakom difinalkan. 
  3. Finalisasi dokumen (3 Juni 2020). Dokumen telah disampaikan kepada Sekber Provinsi.

Dokumentasi Video Praktik Baik BANGGA Papua
Video praktik baik BANGGA Papua diproduksi atas permintaan Sekber Provinsi. Proses produksi video ini telah berlangsung sejak akhir Februari 2020. Dimulai dengan persiapan di Jakarta di pertengahan Februari, proses dilanjutkan dengan pengambilan gambar di Asmat dan Paniai hingga awal Maret 2020. Pekerjaan setelah pengambilan gambar (post-production) dilakukan sepanjang April – Juni 2020. Setelah melalui berbagai revisi dan konsultasi, akhirnya video ini selesai dikerjakan. 

Kegiatan yang dilakukan tim KOMPAK-BaKTI sepanjanga April – Juni 20202 terkait produksi video ini adalah:

Merevisi draf video (April – Juni 2020)
KOMPAK-BaKTI memeriksa dan melakukan revisi terhadap draf-draf video mulai dari draf pertama hingga ke empat, sampai akhirnya menjadi produk final. Tantangan terbesar dari proses produksi adalah banyaknya testimoni menarik dari narasumber tentang praktik-praktik baik BANGGA Papua yang terjadi di tingkat kabupaten. Namun keterbatasan waktu penyajian yang hanya 10 menit memaksa tim KOMPAK-BaKTI untuk memilih testimoni terbaik. 

Tim KOMPAK-BaKTI tetap menyimpan draf video pertama dengan durasi 28 menit karena baik digunakan sebagai alat bukti atas hasil kerja tim komunikasi. Video draf pertama ini juga telah disampaikan kepada KOMPAK melalui WeTransfer pada tanggal 4 Mei 2020. 

Mengkonsultasikan konten dan tampilan video praktik baik BANGGA Papua kepada Sekber Provinsi (5 Juni). 
KOMPAK-BaKTI mengkonsultasikan draf ketiga video praktik baik kepada Sekber Provinsi melalui pertemuan daring pada tanggal 5 Juni 2020. Hadir dalam konsultasi tersebut adalah Ketua Sekber Provinsi, Sekretaris Sekber Provinsi, anggota tim Komunikasi Sekber Provinsi dan anggota sekber provinsi lainnya.  Setelah konsultasi tersebut, KOMPAK-BaKTI merevisi konten dan tampilan video berdasarkan masukan dan rekomendasi yang diterima dari sekber provinsi.  

Menyampaikan produk final video praktik baik kepada Sekber Provinsi (akhir Juni 2020)
Tim KOMPAK-BaKTI menyerahkan produk final video kepada Sekber Provinsi dengan cara datang langsung ke kantor Sekber Provinsi dan memberikan salinannya. Video final juga telah diunggah ke akun YouTube BANGGA Papua agar bisa diakses publik. 

Menyusun skenario video durasi 3 menit (Akhir Juni 2020).
Pada saat konsultasi video tanggal 5 Juni 2020, Sekber Provinsi meminta KOMPAK-BaKTI untuk membuat satu video yang lebih singkat yaitu dengan durasi 3 menit. Menurut Sekber Provinsi, video ini dibutuhkan untuk membuka presentasi atau diskusi tentang BANGGA Papua. Merespon permintaan ini, tim KOMPAK-BaKTI segera mempersiapkan skenario video untuk dikonsultasikan Kembali kepada Sekber Provinsi.

BANGGA PAPUA


Penyelesaian lima panduan teknis pelaksanaan kegiatan komunikasi
KOMPAK- BaKTI menyusun dokumen-dokumen  panduan teknis berdasarkan permintaan Sekber Provinsi dan Sekber Kabupaten. Tujuannya adalah agar anggota sekber dapat melakukan kegiatan-kegiatan komunikasi meski tanpa didampingi oleh tim KOMPAK-BaKTI. 

Panduan teknis ini nantinya akan melengkapi dokumen strategi komunikasi BANGGA Papua, versi yang lengkap. Ada kurang lebih sepuluh panduan teknis yang harus diselesaikan. Hingga akhir Juni 2020, tim KOMPAK-BaKTI telah berhasil menyelesaikan lima panduan teknis dalam format dokumen dan video tutorial. Ke lima panduan teknis tersebut adalah: 

Dalam bentuk dokumen dan video tutorial: 
A.    Panduan Teknis “Memuat Artikel ke Website BANGGA Papua.” 

Dalam bentuk dokumen: 
B.    Panduan Teknis “Merawat Website BANGGA Papua.”
C.    Panduan Teknis “Menulis Praktik Baik dan Pembelajaran.” 

Dalam bentuk video tutorial:
D.    Panduan Teknis “Memuat Infografis ke Website BANGGA Papua.” 
E.    Panduan Teknis “Membuat Galeri Foto di Website BANGGA Papua.”

Kegiatan penting lainnya

Kampanye BANGGA Papua melalui Akun Medsos Pemprov Papua 
Tim KOMPAK-BaKTI melanjutkan kampanye BANGGA Papua yang dimulai sejak awal November 2019.  Dalam periode April – Juni 2020, ada 11 (sebelas) konten media sosial yang disusun, didisain dan diunggah di akun twitter, facebook dan instagram milik Pemprov Papua. 5 (lima) di antaranya adalah konten terkait Covid-19. 

Empat pekerjaan besar untuk menyelesaikan kegiatan ini adalah mengidentifikasi pesan-pesan kunci yang harus disampaikan, mendisain gambar atau infografik, membuat video pendek, dan menulis narasi. 

Berikut adalah tanggal-tanggal publikasi dan tema konten media sosial sepanjang April – Juni 2020:

April 2020:
•    “Hidup Bersih dan Sehat. Tinggal di Rumah Saja. Usir itu Covid-19” (14 April, konten terkait Covid-19)
•    “Sayang diri. Sayang anak. Sayang keluarga” (20 April, konten terkait Covid-19)
•    “Supaya Anak Sehat, Mama Kau Harus Sehat” (27 April, konten terkait Covid-19)

Mei 2020:
•    “15.365 Anak di Asmat Menerima Dana BANGGA Papua” (4 Mei)
•    “Besarnya Dukungan Pemerintah Daerah untuk BANGGA Papua” (19 Mei)
•    “Lanny Jaya Sejahtera dan BANGGA Papua: Jalan Bersama” (30 Mei)

Juni 2020:
•    “Data BANGGA Papua untuk Semua” (4 Juni)
•    “BANGGA Papua Memberdayakan Perempuan Papua” (9 Juni)
•    “Corona masih ada, tetap jaga diri e” (16 Juni, konten terkait Covid-19)
•    “Hindari berkumpul. Hindari Keramaian” (23 Juni, konten terkait Covid-19)
•    “Asalnya Beragam, Tujuannya Seragam” (30 Juni)

Berikut adalah beberapa contoh tampilan kampanye BANGGA Papua di media sosial Pemprov Papua: 

Konten terkait COVID-19 di Facebook 

BANGGA PAPUA
Facebook, 27 April 2020, konten medsos terkait Covid-19
https://bit.ly/2CJin9H

 

Konten terkait COVID-19 di Twitter

BANGGA PAPUA
Twitter, 16 Juni 2020, konten medsos terkait Covid-19
https://bit.ly/3dwUrmx

 

Konten terkait BANGGA Papua di Instagram

BANGGA PAPUA
Instagram, 30 Mei 2020,
https://bit.ly/2A6lkjy


Konten terkait BANGGA Papua di Facebook

BANGGA PAPUA
Facebook, 4 Mei 2020,
https://bit.ly/2A1Kj7u
BANGGA PAPUA
Facebook, 4 Mei 2020,
https://bit.ly/2A1Kj7u


Evaluasi Proses Pelaksanaan BANGGA Papua
Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi proses pelaksanaan program BANGGA Papua. Hasil evaluasi akan digunakan untuk perbaikan business process untuk kepentingan replikasi atau perluasan cakupan program di kabupaten lain di Papua. 

Dalam triwulan sebelumnya, KOMPAK-BaKTI berperan merekrut dan mendanai enam enumerator dan satu Governance & Political Economy Specialist untuk mengumpulkan data dari lapangan dan menuliskan laporan. Tim KOMPAK-BaKTI juga ikut melatih enumerator. 

Sepanjang April – Juni 2020, kegiatan terkait evaluasi proses yang dilakukan KOMPAK-BaKTI adalah sebagai berikut: 
 
A.    Koordinasi dengan MAHKOTA dan konsultannya (Whitelum). Penyampaian laporan hasil evaluasi yang ditulis oleh Governance and Political Economy Specialist yang akan menjadi bagian atau memperkaya isi laporan yang ditulis konsultan MAHKOTA. Memberikan masukan untuk draf laporan hasil evaluasi yang ditulis oleh konsultan MAHKOTA, terutama terkait aspek komunikasi dan sosialisasi. 

B.    Pertemuan dengan MAHKOTA, DFAT dan KOMPAK terkait GESI (4 Juni dan 17 Juni 2020) untuk membahas konten GESI (Gender Equality and Social Inclusion) sebagai bagian yang harus masuk dalam laporan evaluasi proses. KOMPAK-BaKTI menyampaikan hasil analisa dalam laporan berjudul “GESI dalam Pelaksanaan Kegiatan Komunikasi dan Strategi Komunikasi BANGGA Papua.” 

C.    Menyediakan informasi dan data pendukung terkait GESI, yang bersumber dari hasil wawancara video praktik baik BANGGA Papua (Juni 2020), yang diperoleh dari penerima manfaat, tokoh masyarakat dan narasumber lainnya yang diwawancara selama proses produksi video praktik baik BANGGA Papua.

3.    Pertemuan MAHKOTA, KOMPAK, BaKTI dan UNICEF (5 Mei 2020)
4.    Presentasi strategi komunikasi BANGGA Papua kepada Tim KOMPAK (30 April 2020)
5.    Memberikan masukan terhadap draf dokumen PTO (Petunjuk Teknis Operasional) BANGGA Papua (Mei – Juni 2020)
6.    Memberikan masukan terhadap draf kerangka Monev BANGGA Papua (18 Mei & 12 Juni)
7.    Rapat mingguan tim KOMPAK-BaKTI (April – Juni 2020)
8.    Penyusunan laporan kerja dan rencana kerja tim