Panduan Mereplikasi Model Sinergi Perencanaan Kampung dan Unit Layanan 

Bagaimana melakukan perencanaan pembangunan dengan baik? Pertanyaan ini mungkin seringkali terlintas di benak kita. Perencanaan pembangunan yang baik, salah satunya adalah menjawab kebutuhan masyarakat. Lantas bagaimana menyusun perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat?

Program Sinergi Perencanaan merupakan sebuah upaya untuk menciptakan pembangunan Papua dan Papua Barat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Caranya dengan membuat perencanaan yang partisipatif dan melibatkan layanan dasar kesehatan dan pendidikan (Puskesmas dan Sekolah Dasar) di dalamnya. 
Untuk memastikan program Sinergi Perencanaan yang diterapkan di 7 kabupaten Papua dan Papua Barat ini dapat direplikasi di berbagai daerah lainnya, Yayasan BaKTI dengan dukungan KOMPAK menerbitkan seri Panduan Sinergi Perencanaan.

Buku-buku seri sinergi perencanaan ini juga didesain agar tiap unit/bagian/modul dapat digunakan secara terpisah sesuai kebutuhan sehingga lebih praktis. 
Sebagai panduan untuk implementasi proses perencanaan pembangunan yang tersinergi, panduan dalam buku ini mengacu pada aturan dan kebijakan-kebijakan umum yang berlaku dalam perencanaan di kampung, bersama unit layanan (Puskesmas, dan sekolah dasar). Buku ini menekankan pada upaya membangun pola dan proses berpikir memecahkan masalah sesuai kebutuhan yang aktual di masyarakat, bukan sekadar menyusun dokumen perencanaan denga mengacu format-format tertentu. Dengan demikian proses dari pola berpikir perencanaan untuk memecahkan masalah ini dapat diterapkan pada kondisi permasalahan apapun yang sedang dihadapi, baik itu dalam kondisi normal, maupun dalam situasi/kondisi permasalahan tertentu.
 
Berikut adalah link untuk mengunduh 8 buku yang tergabung dalam Seri Panduan Sinergi Perencanaan Kampung dan Unit Layanan di Papua dan Papua Barat. 
Memahami Sinergi Perencanaan Pembangunan Kampung dan Unit Layanan dalam Program LANDASAN 

  1. Memahami Sinergi Perencanaan Pembangunan Kampung dan Unit Layanan dalam Program LANDASAN 
  2. Sinergi Perencanaan Pembangunan - Pembelajaran dari Program LANDASAN 
  3. Panduan Menerapkan Sinergi Perencanaan dalam Perencanaan Kampung
  4. Panduan Menerapkan Sinergi Perencanaan dalam Perencanaan Sekolah
  5. Panduan Menerapkan Sinergi Perencanaan dalam Perencanaan Puskesmas
  6. Panduan Memfasilitasi Sinergi Perencanaan dalam Perencanaan Kampung
  7. Panduan Memfasilitasi Sinergi Perencanaan dalam Perencanaan Sekolah
  8. Panduan Memfasilitasi Sinergi Perencanaan dalam Perencanaan Puskesmas
  9. Peran Distrik dalam Model Sinergi Perencanaan 
  10. Panduan Melakukan Monitoring dan Evaluasi Sederhana Atas Kegiatan Sinergi Perencanaan Kampung dan Unit Layanan