Pembentukan Tim Teknis dan Penyusunan Regulasi  Pengelolaan Air Limbah Domestik di Kabupaten Sidrap

Setelah sebelumnya program WASH (Water Sanitation and Hygiene (WASH) kerjasama UNICEF dan BaKTI melakukan audiensi dan observasi untuk pengembangan dan penguatan kelembagaan UPT PALD (Pengelolaan Air Limbah Domestik) di Kabupaten Sidrap, langkah selanjutnya adalah memfasilitasi pembentukan tim teknis dan perumusan rencana kerjanya. Kegiatan ini berlangsung pada 14-16 Juli 2022 bertempat di Hotel Teraskita Makassar. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Pertanahan dan Perumahan Kabupaten Sidrap beserta jajarannya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sidrap beserta jajarannya, serta sejumlah perwakilan dari Dinas Kesehatan, Bappelitbangda dan Setda Kabupaten Sidrap.

1

Agenda diawali dengan pemaparan tentang pengelolaan sanitasi aman oleh Djoko Soetono, Konsultan PALD Nasional serta presentasi tentang tujuan dan rencana kerja tim teknis. Pertemuan dilanjutkan dengan pemaparan kondisi IPLT (Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja) Patommo yang terletak di Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap oleh Arman Rahim mewakili Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulawesi Selatan. 

Pada hari kedua dan ketiga, kegiatan berfokus pada penyusunan regulasi mengenai PALD. Kegiatan ini diantaranya inventarisasi dan evaluasi materi yang dibutuhkan untuk penyusunan kajian akademis, reviu regulasi daerah yang sudah ada terkait pengelolaan sanitasi di Kabupaten Sidrap untuk disinkronkan dengan regulasi baru yang diperlukan, dan analisis beban kerja UPT PALD. 

1

Wildan Setiabudi, Program Officer WASH-UNICEF dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Sidrap menjadi salah satu sasaran wilayah program WASH berdasarkan penilaian akan kesiapan. Baik kesiapan secara teknis berupa pembangunan MCK dan Instalasi Pengolahan Air Limbah Komunal pada tahun 2014-2016, juga kesiapan dari pemerintah daerah yang sangat bersemangat bekerja bersama dalam program WASH ini. Sejalan dengan hal tersebut, Abdul Rasyid, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, Pertanahan dan Perumahan Kabupaten Sidrap menyampaikan bahwa dukungan dari program WASH ini akan sangat membantu pemerintah Kabupaten Sidrap dalam menghadirkan pengelolaan sanitasi aman melalui layanan PALD yang berkelanjutan.

Pertemuan ini menghasilkan susunan tim teknis, terdiri dari stakeholder kunci yang akan mengawal jalannya program pengembangan dan penguatan PALD di Kabupaten Sidrap. Kegiatan ini juga  menyepakati skedul penyusunan regulasi mengenai PALD Kabupaten Sidrap.