Pendampingan Penyelesaian Dokumen Perencanaan Kampung

Pemutakhiran Data dan Penggunaan Aplikasi Sistem Administrasi Dan Informasi Kampung Plus (SAIK+) di Provinsi Papua Barat

LANDASAN

Sebagai tindak dari lanjut Lokalatih Pelembagaan Sistem Administrasi dan Informasi Kampung Plus (SAIK+) dan Kader Kampung pada bulan Maret lalu, saatnya Provinsi Papua Barat mengimplementasikan penggunaan aplikasi SAIK+ di tingkat kampung. Sejumlah 70 kampung dari empat kabupaten wilayah dampingan program yaitu Manokwari Selatan, Sorong, Kaimana dan Fakfak dipilih sebagai sasaran program SAIK+ di Provinsi Papua Barat. 
Proses ini dimulai dengan melakukan pemuktahiran data masyarakat dan penginputan data ke dalam aplikasi SAIK+. Proses ini dilakukan oleh para kader kampung di masing-masing wilayah program dengan didampingi oleh tim KOMPAK-LANDASAN melalui Koordinator Kabupaten dan Koordinator Distrik. Turut pula bersama mereka sejumlah pemerintah daerah yang mengikuti proses lokalatih pelembagaan SAIK+ pada Maret lalu. Kader kampung sendiri adalah anak-anak muda yang berasal dari kampung tersebut yang ditunjuk oleh pemerintah kampung untuk membantu proses penggunaan aplikasi SAIK+ di kampung mereka. Sebelum memulai proses penggunaan aplikasi SAIK+ ini, para kader kampung terlebih dahulu diberikan penambahan kapasitas mengenai tata cara pendataan dan penginputan data masyarakat ke dalam aplikasi SAIK+.
Hingga saat ini, proses pendataan masyarakat dan penginputan data masih berlangsung di sejumah kampung yang menjadi wilayah sasaran program. Proses koordinasi dengan pemerintah daerah mulai dari tingkat kabupaten, distrik hingga kampung juga terus dilakukan oleh tim KOMPAK-LANDASAN untuk mengupdate informasi terbaru mengenai proses penggunaan aplikasi SAIK+ di wilayah mereka. Koordinasi ini juga untuk memastikan komitmen pemerintah daerah yang telah dibangun pada pelaksanaan lokakarya SAIK+ sebelumnya terkait pelembagaan sistem informasi kampung. 


Pelatihan Online Sistem Informasi Orang Papua (SIO-PAPUA) Bagi Koordinator Kabupaten dan Koordinator Distrik di Provinsi Papua 

LANDASAN

Upaya mendorong adanya sistem informasi kampung melalui Program KOMPAK-LANDASAN sudah terlaksana sejak tahun 2017 melalui Sistem Administrasi dan Informasi Kampung (SAIK). Di Provinsi Papua, sejumlah 4 kabupaten telah menjadi wilayah sasaran program SAIK yaitu Jayapura, Nabire Asmat dan Boven Digoel. Dari empat kabupaten tersebut, sejumlah 52  kampung telah memiliki dan mengoperasikan data SAIK. Mereka juga memanfaatkan SAIK untuk proses perencanaan di tingkat kampung. di masa pandemic Covid-19, data AIK yang ada di tingkat kampung juga dimanfaatkan sebagai data acuan dalam melakukan verifikasi data penerima bantuan sosial Covid-19.
Untuk memperbaiki kehandalan aplikasi SAIK yang telah tersedia agar dapat terus memberikan manfaat, maka perbaikan aplikasi dan pemutakhiran data perlu dilakukan agar data yang tersedia menyesuaikan dengan kondisi yang terus mengalami perubahan. Program SIO-PAPUA (Sistem Informasi Orang Papua) kemudian menjadi tindak lanjut dari upaya tersebut. Pada SIO-PAPUA terdapat penyesuaian dengan teknologi saat ini. Juga memungkinkan pemerintah daerah untuk mengintegrasikan SIO PAPUA dengan sistem informasi elektronik lainnya di daerah dan memungkinkan pula pemerintah daerah untuk memodifikasi fitur aplikasi sesuai kebutuhan daerah di masa yang akan datang.
Memulai program SIO-PAPUA ini, dilaksanakan Pelatihan Online SIO-PAPUA bagi Koordinator Kabupaten dan Koordinator Distrik di Provinsi Papua pada 13-15 Mei 2020. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh staf KOMPAK-LANDASAN di Provinsi Papua termasuk para Koordinator Kabupaten dan Koordinator Distrik di empat kabupaten sasaran program. Pelatihan SIO-PAPUA dilakukan secara online menyesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pembatasan kegiatan di berbagai sektor sehingga pengumpulan orang untuk melakukan proses pelatihan secara langsung tidak dapat dilakukan.
Pada kegiatan pelatihan online SIO-PAPUA ini, para peserta memproleh informasi tentang gambaran umum SIO-PAPUA, mekanisme pelaksanaan, petunjuk pengisian formulir serta penginputan data, dan dilakukan pula simulasi proses pengisian data. Dari kegiatan ini, para Koordinator Distrik dan Koordinator Kabupaten memperoleh penambahan kapasitas mengenai SIO-PAPUA dan siap menularkan pengetahuan kepada para kader kampung di masing-masing wilayah sasaran program mengenai SIO-PAPUA dan mekanisme pelaksanaannya. Para Koordinator Kabupaten dan Koordinator Distrik juga akan mendampingi para kader kampung yang nantinya akan melakukan proses pendataan sekaligus pengelolaan dan pengoperasian data SIO-PAPUA di kampung mereka.

Pemutakhiran Data dan Penggunaan Sistem Informasi Orang Papua (SIO-PAPUA) di Provinsi Papua

LANDASAN

Setelah selesai dengan pelatihan online SIO-PAPUA, tahap selanjutnya adalah melakukan pengimplementasian SIO-PAPUA di tingkat kampung. Sejumlah 38 kampung dipilih dari empat kabupaten wilayah program yaitu Jayapura, Nabire, Asmat dan Boven Digoel untuk program SIO-PAPUA ini. Proses ini terlebih dahulu diawali dengan penambahan kapasitas kepada para kader kampung yang akan melakukan proses pemuktahiran data hingga penginputan dan pegelolaan data SIO-PAPUA nantinya. Hal tersebut mengingat bahwa pelatihan online SIO-PAPUA dilakukan hanya untuk Tim KOMPAK-LANDASAN di kabupaten dan distrik dengan tujuan agar merekalah yang selanjutnya akan menularkan pengetahuan ini kepada kader-kader kampung di wilayah masing-masing. Kader kampung ini adalah anak-anak muda yang berasal dari kampung tersebut yang dipilih oleh pemerintah kampung untuk membantu proses penggunaan aplikasi SIO-PAPUA.  Penambahan kapasitas yang diberikan kepada para kader kampung berupa pengetahuan mengenai mekanisme penggunaan aplikasi SIO-PAPUA, serta tata cara pendataan hingga penginputan data. 
Saat ini, proses pendataan masyarakat dan penginputan data ke aplikasi SIO-PAPUA tengah berlangsung di sejumlah kampung. Proses ini dijalankan oleh para kader kampung didampingi oleh tim KOMPAK-LANDASAN melalui Koordinator Kabupaten dan Koordinator distrik di masing-masing wilayah. Tidak lupa proses koordinasi antara tim KOMPAK-LANDASAN dengan pemerintah kabupaten hingga distrik dan aparat kampung juga terus dilakukan untuk mengupdate informai terbaru mengenai SIO-PAPUA yang sedang berjalan di wilayah mereka.

Pendampingan Penyelesaian Dokumen Sinergi Perencanaan Kampung, Puskemas dan Sekolah Di Papua dan Papua Barat

LANDASAN

Setelah selesai dengan workshop sinergi perencanaan pada 7 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat oleh program LANDASAN Fase II, proses berikutnya adalah mendampingi penyelesaiaan dokumen perencanaan di tingkat kampung, Puskesmas maupun sekolah.  Ke tujuh kabupaten tersebut adalah Jayapura, Nabire, Asmat, Boven Digoel, Sorong, Kaimana dan Fakfak. Hingga akhir Juni 2020, proses penyelesaian dokumen sinergi perencanaan baik di kampung, Puskesmas maupun sekolah sebagian besar telah memasuki tahap finalisasi dokumen. 
Pendampingan penyelesaian dokumen sinergi perencanaan ini meliputi dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMK) dan Rencana Kerja Pembangunan Kampung (RKPK); Rencana Usulan Kegiatan (RUK) Puskesmas; Rencana Kerja Sekolah (RKS), Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), serta Rencana Kerja Tahunan (RKT) Sekolah Dasar. Dokumen-dokumen perencanaan ini akan memuat program-program yang telah direncanakan secara bersinergi antara kampung, Puskesmas dan sekolah pada workshop sinergi perencanaan yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh tim KOMPAK-LANDASAN. Semua dokumen perencanaan ini nantinya akan menjadi dasar dalam melakukan kegiatan pembangunan di wilayah kampung masing-masing. Juga sebagai acuan kegiatan pemenuhan layanan dasar bagi masyarakat oleh Puskemas dan sekolah. Melalui program ini, diharapkan tujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan berkualitas dapat diwujudkan.


Pembuatan Produk Pengetahuan Model Sinergi Perencanaan Pembangunan Program KOMPAK-LANDASAN Fase II 

LANDASAN

Sebagai salah satu output dari model sinergi perencanaan yang telah dijalankan, disusun sebuah produk pengetahuan berupa buku panduan dan cerita mengenai proses membangun sinergi perencanaan oleh tim KOMPAK-LANDASAN. Produk pengetahuan model sinergi perencanaan KOMPAK-LANDASAN ini dikemas dalam beberapa seri buku yang masing-masing menggambarkan tentang panduan pelaksanaan sinergi perencanaan di tingkat kampung, Puskesmas dan sekolah. Selain itu terdapat pula buku yang menceritakan tentang proses membangun sinergi perencanaan yang telah dijalankan oleh program KOMPAK-LANDASAN mulai dari penyusunan konsep hingga pelaksanaannya di tingkat kampung, Puskesmas dan sekolah di Papua dan Papua Barat.
Pembuatan produk pengetahuan ini dilakukan oleh tim KOMPAK-LANDASAN yang proses diskusi dan reviewnya dilaksanakan secara online mengingat keharusan untuk bekerja dari rumah akibat pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung. Diharapkan rangkaian buku ini dapat menjadi sumber informasi dan bahan pembelajaran bagi siapa saja yang ingin mengetahui tentang apa dan bagaimana mekanisme sinergi perencanaan kampung dan unit layanan dasar (Puskesmas dan sekolah) dilakukan. Rangkaian buku ini juga diharapkan dapat memberi inspirasi bagi siapa saja yang tertarik untuk mengembangkan model perencanaan yang bersinergi tersebut.


Distribusi Seri Panduan Gugus Tugas Kampung Tanggap COVID-19

LANDASAN

Wabah Covid-19 kini telah menjadi bencana nasional, bahkan bukan hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri penyebaran wabah Covid-19 kini telah menjangkau seluruh provinsi tak terkecuali Papua dan Papua Barat. Menyikapi kondisi yang ada, sejumlah upaya dilakukan pemerintah dari pusat hingga daerah. Di tingkat kampung, upaya membentuk kampung tanggap Covid-19 pun dilakukan. Sebagai bentuk kontribusi atas upaya tersebut, tim KOMPAK menyiapkan seri panduan gugus tugas kampung tanggap Covid-19 sebagai produk untuk menambah pengetahuan dan memandu aparat kampung dan masyarakat dalam menghadapi pandemi. Untuk selanjutnya seri pandaun ini didistribusikan ke seluruh wilayah dampingan program KOMPAK-LANDASAN di Papua dan Papua Barat.
Seri panduan gugus tugas kampung tanggap Covid-19 ini terdiri atas seri Pencegahan Penularan Covid-19 untuk Masyarakat dan seri Pencegahan Penularan Covid-19 untuk Kepala Kampung. Seri panduan ini berisi langkah-langkah pencegahan penularan dan tata cara penanganan Covid-19 untuk kepala kampung dan masyarakat kampung. Panduan ini disajikan dengan ringkas menggunakan bahasa sehari-hari masyarakat Papua dan disertai dengan ilustrasi sehingga mudah dipahami. 
Tim KOMPAK-LANDASAN melalui Koordinator Kabupaten dan Koordinator Distrik di seluruh wilayah dampingan yaitu Jayapura, Nabire, Asmat, Boven Digoel, Manokwari Selatan, Sorong, Kaimana dan Fakfak telah mendistribusikan panduan ini baik berupa soft file maupun print out yang mereka cetak sendiri sembari menunggu versi hard file dari panduan ini disiapkan dan tiba di kabupaten masing-masing. Seri panduan tersebut sejuah ini telah didistribusikan kepada tim teknis kabupaten, pemerintah distrik dan aparat kampung.