• adminbakti
  • 13 September 2022

Pengembangan Aplikasi SIMPALD Dinas PUPR-UPT PALD Kabupaten Pinrang

Sejak tiga bulan terakhir, layanan penyedotan lumpur tinja UPT PALD (Pengelolaan Air Limbah Domestik) telah menjangkau 162 rumah tangga dengan penyedotan di empat IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) komunal untuk 110 rumah tangga dan 52 tangki septik individual. Untuk peningkatan layanan, UPT PALD menargetkan layanan untuk 7.500 rumah tangga pelanggan serta dua IPAL komunal tambahan dengan 832 jumlah sambungan rumah tangga pengguna. Jumlah pelanggan ini akan terus meningkat seiring dengan gencarnya kampanye penggunaan tangki septik kedap berstandar SNI serta program LLTT yang tengah diupayakan di seluruh rumah tangga. Untuk itu, dibutuhkan peningkatan kualitas pengelolaan database pelanggan dan pengelolaan layanan.

1

Guna perbaikan kualitas database pelanggan dan pengelolaan layanan tersebut, maka UPT  PALD Kabupaten Pinrang memerlukan dukungan platform Management Information System (MIS) di masa mendatang. MIS ini nantinya akan menjadi wadah sejumlah aplikasi daring yang mengelola database pelanggan dan layanan air limbah domestik. Sebagai langkah awal untuk mendukung penyiapan platform MIS UPT PALD Pinrang, maka UNICEF bekerja sama dengan Yayasan BaKTI memfasilitasi pengembangan aplikasi database berbasis website dan android yang disebut Sistem Manajemen Informasi Air Limbah Domestik (SIMPALD).

Sebagai langkah awal pengembangan sistem tersebut, tim program WASH kerja sama UNICEF dan BaKTI melakukan FGD bersama Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang dan UPT PALD Kabupaten Pinrang pun dilakukan pada 13 September 2022 untuk membahas rencana materi aplikasi yang akan dikembangkan dengan menyesuaikan kebutuhan sistem dan data yang dibutuhkan oleh UPT PALD Kabupaten Pinrang. Kegiatan ini berlangsung di Kantor Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pinrang dengan melibatkan Kepala Dinas beserta jajarannya, juga Kepala UPT PALD Kabupaten Sidrap. Pada pertemuan ini disepakati fitur-fitur data yang dibutuhkan dan rencana pengembangannya. Penyediaan website ini pun dilakukan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pinrang untuk penyediaan servernya.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan program WASH untuk memaksimalkan pelayanan kami. Website yang akan ada nantinya kami harapkan dapat menjadi wadah untuk mensosialisasikan sanitasi aman di Kabupaten Pinrang kepada masyarakat.” Ungkap Awaluddin, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pinrang. Sejalan dengan itu, Kepala UPT PALD Kabupaten Pinrang, Hardiman menyampaikan apresiasinya atas rencana pengembangan ini,“Saya sudah bayangkan kalau ada sistem informasi yang tersedia, layanan Pengolahan Air Limbah Domestik ini nantinya akan bisa dijalankan dengan lebih maksimal.” Ungkap Hardiman. Ketersediaan website SIMPALD ini ditargetkan pada Oktober 2022 dan akan terus didampingi oleh program WASH kerja sama UNICEF dan BaKTI dalam proses pengembangannya.