Pertemuan Periodik Tim Koordinasi Kabupaten Asmat

Pada tahun 2021, pelaksanaan kegiatan LANDASAN-KOMPAK telah dilakukan sesuai rencana kerja. Kegiatan tersebut meliputi peningkatan kapasitas (pelatihan Kader kampung dan Pelatihan fasilitator SIO Papua), Lokakarya (Pengintegrasian Data, Sinergi Perencanaan dan Monitoring), Pemutakhiran data dan penginputan data ke dalam aplikasi SIO Papua, pendampingan Sinergi Perencanaan di Jewes, Rapat Pembahasan Regulasi Satu Data dan SIO Papua.

Kegiatan lapangan dalam mendukung terbentuknya pelembagaan SIO Papua, yaitu pemutakhiran data oleh Pemerintah Kampung bersama Kader Kampung. Kegiatan tersebut meliputi pencataan/ pendataan  dan penginputan ke dalam aplikasi SIO Papua. Proses ini berlangsung di Distrik Agats (12 kampung) dan Distrik Akat (11 kampung). Dengan adanya aplikasi SIO Papua ini LANDASAN-KOMPAK terus mengupayakan ketersediaan data SIO Papua dan agar proses perencanaan di kampung berbasis data.

Di tingkat Kabupaten, juga sedang dirancang regulasi Asmat Satu Data dan Sistem Informasi Orang Asli Papua (SIO Papua). Hampir di semua kegiatan LANDASAN-KOMPAK selalu melibatkan Tim Teknis Kabupaten, baik sebagai Narasumber, tim penyusun regulasi, peserta maupun sebagai pengamat.

Guna menginformasikan capaian program, kendala dalam implementasi program dan untuk mendapatkan solusi terhadap kendala serta memastikan keberlanjutan program Landasan, maka dirasa perlu diselenggarakan Pertemuan Periodik Tim Koordinasi Kabupaten Asmat.

1

Tim teknis kabupaten merupakan tim yang dibentuk untuk mengawal jalannya program dari KOMPAK-LANDASAN di tingkat kabupaten. Untuk itu, rapat koordinasi bersama tim teknis dilaksanakan secara rutin untuk mengoordinasikan jalannya program di masing-masing kabupaten sasaran program KOMPAK-LANDASAN di wilayah Papua dan Papua Barat.

Rapat koordinasi ini memberikan gambaran detail mengenai capaian dan kendala kegiatan serta untuk menggali komitmen, dukungan dan kerjasama dari Tim Teknis di setiap kabupaten. Juga rencana pelembagaan program berupa Sinergi Perencanaan dan SIO Papua/SAIK+ menjelang berakhirnya program LANDASAN pada 2022.