• adminbakti
  • 12 April 2023

Talk Show Penanggulangan Hoaks dan Misinformasi Kesehatan “Saring Sebelum Sharing”

UNICEF terus mendukung pemerintah Sulawesi Selatan melalui Yayasan BaKTI dalam upaya penanggulangan hoaks dan misinformasi kesehatan untuk meningkatkan cakupan kesehatan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melibatkan kaum muda dalam kampanye penanggulangan hoaks dan misinformasi kesehatan. Di samping itu, data Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia menunjukkan bahwa angka pengguna internet di Indonesia didominasi oleh anak muda di rentang usia 13-18 tahun.

Sebagai upaya melibatkan kaum muda dalam kampanye penanggulangan hoaks dan misinformasi, maka dilaksanakan kegiatan Talk Show Penanggulangan Hoaks dan Misinformasi Kesehatan dengan mengusung tema “Saring Sebelum Sharing”. Kegiatan ini diikuti oleh seratus orang peserta dari siswa-siswi SMK Telkom Makassar.

Talk Show Penanggulangan Hoaks dan Misinformasi Kesehatan ini dilaksanakan pada 11 April 2023 dengan menghadirkan lima orang pembicara yaitu Duta SMA Sulawesi Selatan yang berbagi pengalaman mereka dalam menerima dan menghadapi hoaks dan misinformasi sebagai anak muda/siswa SMA. Mitra Muda UNICEF yang juga merupakan mahasiswa FISIP dan FKM Universitas Hasanuddin yang berbagi pengetahuan tentang keamanan dan literasi digital bagi anak muda serta literasi digital kesehatan dan dampaknya. Talk show ini juga menghadirkan pembicara perwakilan dari MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) yang berbagi informasi tentang cara kerja internet dan media sosial, pentingnya melindungi data pribadi di media sosial, dan cara mengidentifikasi berita hoaks dan fakta.

Dibuka oleh perwakilan Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Zulkhairil Akbar, menyampaikan bahwa salah satu fokus Dinas Pendidikan saat ini juga adalah peningkatan literasi digital bagi anak-anak. Hal ini mengingat bahwa di era digital saat ini, kecakapan literasi digital sangat diperlukan agar dapat tetap aman berselancar di dunia maya. Untuk itu, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan sangat mengapresiasi adanya kegiatan-kegiatan yang mendukung peningkatan literasi digital.

Sejalan dengan hal itu, Kepala SMK Telkom Makassar, Abdul Halim Samad, juga menyampaikan dukungan dan terima kasihnya atas kegiatan talk show yang diadakan di SMK Telkom Makassar. “Kami berterima kasih sudah berkunjung ke sekolah kami dan berbagi informasi bagi anak-anak muda di sekolah. Tentunya ini akan menjadi tambahan pengetahuan bagi mereka yang memang semuanya adalah pengguna internet dan media sosial yang sangat aktif.” Pungkasnya. Kegiatan Talk Show Talk Show Penanggulangan Hoaks dan Misinformasi Kesehatan dengan mengusung tema “Saring Sebelum Sharing” ini lalu ditutup dengan deklarasi para siswa mewakili generasi muda  untuk siap melawan hoaks.