• adminbakti
  • 03 March 2023

Training of Trainer Penanggulangan Hoaks dan Misinformasi Kesehatan Dengan Teknik Komunikasi Antar Pribadi

Data Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan bahwa tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai mencapai 210.026.769 jiwa atau setara dengan 77,02% dari total populasi Indonesia. Di Provinsi Sulawesi Selatan sendiri, angka penetrasi internet adalah 75,05%. Sebuah survei yang dilakukan oleh tim literasi digital dari Kementerian Komunikasi dan Informatika menguak informasi bahwa 82,8% alasan masyarakat Indonesia menggunakan media sosial adalah untuk membantu dalam komunikasi dan berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah cukup terbiasa berinteraksi di ranah maya dengan bantuan media sosial.

1

Meskipun begitu, era digital juga menghadirkan problematika tersendiri terkait banjirnya arus informasi yang terlalu mudah mengalir. Dari ratusan hingga ribuan informasi yang diterima oleh seseorang setiap harinya, selalu ada saja kemungkinan bahwa informasi tersebut merupakan suatu kesalahan. Bukan hanya informasi politik, Salah satu sasaran utama hoaks juga adalah informasi kesehatan. Hal ini karena kesehatan menyangkut unsur mendasar kehidupan dan sangat mudah untuk menimbulkan sensasi yang provokatif.

Guna upaya penanggulangan hoaks dan misinformasi kesehatan, peningkatan kemampuan literasi digital merupakan kapasitas yang perlu diperkuat. Di samping itu, untuk dapat menyebarkan pengetahuan mengenai hal tersebut, maka dibutuhkan kecakapan Komunikasi Antar Pribadi (KAP). Untuk itu, akan dilakukan kegiatan Penguatan Kapasitas Komunikator untuk Penanggulangan Hoaks dan Misinformasi Kesehatan dengan Teknik Komunikasi Antar Pribadi (KAP). Kegiatan ini didukung oleh UNICEF melalui Yayasan BaKTI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

1

Mengawali upaya tersebut, Tim Program SBC Kerja Sama UNICEF dan BaKTI menyiapkan pelatih yang akan memfasilitasi kegiatan pelatihan di empat wilayah program yaitu Kota Makassar, Kabupaten Maros, Bone dan Wajo. Kegiatan Training of Trainer Penanggulangan Hoaks dan Misinformasi Kesehatan Dengan Teknik Komunikasi Antar Pribadi berlangsung pada Kamis, 2 Maret 2023 di Hotel Best Western Makassar. Kegiatan yang melibatkan Tim UNICEF dan MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) sebagai narasumber ini menyiapkan lima orang calon fasilitator yang siap menularkan pengetahuan mereka ke lima ratus orang peserta di empat wilayah program nantinya.