Program KOMPAK - LANDASAN Fase II merupakan program untuk perbaikan dan peningkatan kualitas tata kelola Pelayanan Dasar yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Peningkatan pelayanan dasar  merupakan salah satu dari tiga strategi utama dalam  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional  2015-2019. 

Program ini merupakan program kerjasama antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Indonesia melalui program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK). Program KOMPAK - LANDASAN Fase II dilaksanakan di 10 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat. Mitra pelaksana untuk program ini adalah Yayasan BaKTI.

Program KOMPAK - LANDASAN Fase II mendukung peningkatan layanan garis  depan di Papua dan Papua barat dengan melakukan  intervensi langsung ke unit garis depan utama yaitu 

  • Pendidikan Dasar,
  • Pelayanan Kesehatan pada  Puskesmas,
  • Pemberdayaan Kampung dan Pencatatan  Sipil, serta

Dalam pelaksanaannya, Program KOMPAK - LANDASAN Fase II memfasilitasi integrasi vertikal dan koordinasi antara  Pemerintah Daerah (Kabupaten dan Distrik)  dalam hal tata kelola pemerintahan khususnya untuk pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan kampung dan pencatatan sipil. 

Konsultasi dan koordinasi secara luas dilakukan  dengan pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat  hingga tingkat kabupaten untuk memastikan desain program  ini sejalan dengan konteks lokal, program prioritas  pemerintah daerah, dan peraturan yang berlaku.

Provinsi Papua

  1. Kabupaten Nabire
  2. Kabupaten Jayapura
  3. Kabupeten Asmat
  4. Kabupaten Boven Digoel
  5. Kabupaten Lani Jaya

Provinsi Papua Barat

  1. Kabupaten Manokwari Selatan
  2. Kabupaten Fak-fak
  3. Kabupaten Kaimana
  4. Kabupaten Sorong

Berita Terkait

blog image

Pendampingan Penyelesaian Dokumen...

Pemutakhiran Data dan Penggunaan Aplikasi Sistem Administrasi Dan Informasi Kampung Plus...

Selengkapnya